Ganjar Pranowo Marah-Marah Di Lokasi Rob Kawasan Sayung Kabupaten Demak - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

17 Mei 2020

Ganjar Pranowo Marah-Marah Di Lokasi Rob Kawasan Sayung Kabupaten Demak

DEMAK, suarakpk.com - Jika Jumat (15/5/20), Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo marah-marah di lokasi rob kawasan Sayung Kabupaten Demak, karena tidak ada petugas saat kemacetan panjang, kunjungan Ganjar hari ini sangat berbeda. Ganjar kembali melakukan sidak dilokasi banjir rob kawasan Sayung Kabupaten Demak, Sabtu (16/5/20).
Sidak dilakukan untuk memastikan penanganan rob dilokasi itu berjalan sesuai harapan. Di jalan pantura tempat Ganjar marah-marah kemarin kini sudah dipenuhi petugas.
Beberapa petugas kepolisian berjaga dan mengatur lalulintas. Terlihat pula petugas Dinas Perhubungan yang ikut membantu.
Pekerja proyek perbaikan saluran juga semakin banyak. Jika saat Ganjar marah-marah sehari sebelumnya hanya sekitar lima orang petugas, hari ini pekerjanya sudah semakin banyak.
Kemacetan memang masih terjadi saat Ganjar sidak untuk kedua kalinya itu. Namun, kemacetan dapat dikendalikan karena ada petugas yang mengatur arus lalulintas.
"Saya titip dijaga ya bu, kalau macet panjang dilakukan contra flow agar bisa terurai. Kalau tidak ada petugas jaga, pasti macetnya akan mengular," kata Ganjar kepada Kasatlantas Polres Demak, AKP Nyi Ayu Fitria.
Tak hanya kepada petugas kepolisian dan Dishub, Ganjar juga menanyakan progres peninggian saluran yang dilaksanakan. Kepada Ganjar, Supervisi proyek itu mengatakan bahwa proyek peninggian selesai lima hari lagi.
"Nggak bisa, itu terlalu lama. Percepat tindakan darurat. Kalau perlu tambah petugas biar cepat. Kalau tidak ini akan macet terus,"  tegasnya.
Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan bahwa tindakan darurat penanganan rob di Sayung Demak sedang dilakukan. Saat ini, pihak Balai Besar Jalan Nasional sudah melakukan tindakan.
"Pihak PSDA kami juga sedang melakukan rekayasa di pinggir laut untuk menyedot air. Kami gunakan pompa agar lebih cepat," terangnya.
Ganjar juga meminta semua pihak memperhatikan siklus rob. Prediksi itu bisa dipantau di banyak aplikasi, sehingga dapat dilakukan tindakan antisipatif.
"Misalnya sekarang ini prediksinya April sampai Mei rob akan tinggi. Untuk hari ini misalnya, itu jam 16.00 rob akan naik. Maka dengan itu, bisa digunakan referensi untuk tambah personil dari kepolisian atau Dishub dalam pengaturan lalulintasnya. Kalau perlu libatkan Satpol PP," tegasnya.
Ganjar juga meminta pekerjaan proyek peninggian saluran di jalur Pantura dipercepat. Jika dari laporan Supervisi proyek itu baru selesai lima hari, dirinya mengatakan terlalu lama.
"Tadi disampaikan lima hari selesai, ndak bisa itu kesuwen (terlalu lama). Saya minta personelnya ditambahi sehingga lebih cepat. Kalau kemarin yang saya lihat hanya 3-4 pekerja, ya ndak bisa. Karena kondisi seperti ini, harus cepat. Ini sudah terlalu lama macetnya," tutupnya.
Sementara itu, Dinas PU PSDA Jateng sedang melakukan rekayasa untk mengurangi rob di jalur Pantura itu. Pihaknya sedang membuat tanggul darurat di Kali Meong Kampung Sri Wulan Kecamatan Sayung Demak serta menaruh mobil pompa portabel.
"Jadi kami lakukan istilahnya isolasi, air laut tidak terkoneksi dengan darat. Upayanya ya ditanggul dan dipompa," kata Kepala DPU PSDA Jateng, Eko Yunianto.
Proses pembuatan rekayasa itu lanjut Eko sedang berlangsung. Setelah selesai, maka penyedotan bisa dilakukan.
"Tadi malam sudah kami sedot, tapi belum optimal karena tanggul belum selesai. Kami kebut ini, kalau sudah langsung kami sedot. Kami menggunakan mobil portabel yang di dalamnya terdapat dua mesin pompa," pungkasnya. (Arif/Red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)