Hindari Wartawan, Seorang Lurah di Muna Gembok Pintu Ruangan Kerjannya - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

19 Oktober 2021

Hindari Wartawan, Seorang Lurah di Muna Gembok Pintu Ruangan Kerjannya

MUNA,suarakpk.com - Sikap tak terpuji kini dipertontonkan salah seorang aparat kelurahan. Menghindari wartawan, pintu ruangan kerjanya  digembok.


Padahal, kedatangan para awak media hanya ingin mempertanyakan sejauh mana transparansi penggunaan Dana  Kelurahan (DK) tahun 2021 di kelurahannya, di Kecamatan Katobu, Kabupaten Muna yang diduga tidak transparan.


Berdasarkan hasil pantauan awak media ini, ditemukan beberapa kegiatan DK tahun 2021 di wilayah itu tak dipasang papan informasi. Padahal kegiatan-kegiatan tersebut sudah berjalan dengan adanya sejumlah pekerja yang beraktivitas.


Dalam Undang-Undang (UU) nomor 14 tahun 2008 menegaskan tentang keterbukaan informasi publik. Yang mana lahirnya UU ini bertujuan untuk menjamin hak warga negara untuk mengetahui rencana pembuatan kebijakan publik, program kebijakan publik, dan proses pengambilan keputusan publik, serta alasan pengambilan suatu keputusan publik. 


Namun sepertinya itu diindahkan oleh Pemerintah Kelurahan tersebut.

Tentu saja hal itu menyisakan tanda tanya, seberapa besar sebenarnya biaya yang dialokasikan, volume, lama pelaksanaan pengerjaan kegiatan dan sumber anggaran dari kegiatan tersebut. 


"Semua itu masih misteri alias tidak jelas,"sebut Laode salah seorang warga Kota Raha.


Kata dia, warga menyoroti dugaan tak transparansinya pihak Kelurahan dimaksud  yang dinahkodai KS dalam pengelolaan DK.


"Setahu saya, setiap pekerjaan yang menggunakan uang negara wajib menyertakan papan informasi terkait kegiatan yang dimaksud, sebagai bentuk transparansi publik, tapi ini tidak ada sama sekali, padahal kegiatannya sudah berjalan. Ini jelas telah melanggar Undang-Undang," kata Laode  salah satu Kota Raha, Senin 18 Oktober 2021.


Saat coba di konfirmasi oleh awak media ini  pada Selasa (19/10) dengan mendatangi Kantor Kelurahan, Lurah tersebut,  KS langsung menggembok pintu ruangannya dan menyampaikan pesan singkat, kemudian berlalu begitu saja.

"Nanti kita bicarakan," katanya sambil berlalu dengan tergesa-gesa. (Udin Yaddi) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)