Melalui Aplikasi Ini, BUMDes Lebih Mudah Promosikan Produknya - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

03 April 2021

Melalui Aplikasi Ini, BUMDes Lebih Mudah Promosikan Produknya

SEMARANG, suarakpk.com – Dalam upaya mengembangkan BUMDes untuk menjadi garda terdepan perekonomian desa, belum berapa lama ini, Rabu (31/3/2021), Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinpermades bekerjasama dengan CV. Jakwirsaka, menggelar rapat koordinasi menggunakan Zoom Meetings dengan mengangkat tema “Penguatan Digitalisasi Bumdes”.

Rakor yang diikuti kepala bidang yang menanganii BUMDes, Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa dan Perwakilan Paguyuban Bumdes Kabupaten Se-Jawa Tengah ini membahas tentang membangun strategi pemasaran dan produksi di era digital. 

Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dispermades Prov. Jateng, Nadi Santoso, SP, M.Msi. mengharapkan bahwa BUMDes ke depan bisa menjadi garda terdepan ekonomi desa.

“Dengan menggunakan teknologi ini, sangat efektif dan menghemat biaya,” ucapkan.

Nadi menceritakan pertemuannya dengan seoang pemuda Jawa Tengah yang menjadi pengembang aplikasi khusus BUMDes yang telah digunakan oleh BUMDes di luar Jawa, dirinyapun menawarkan untuk dapat dikembangkan di Jawa Tengah.

“Beberapa hari yang lalu, saya berdiskusi dengan teman, sosok anak muda yang idealis mengembangkan aplikasi khusus bumdes dan saya mengamati aplikasi ini sudah digunakan oleh teman-teman bumdes di luar Jawa, padahal yang punya ide atau pengembang aplikasi ini adalah putra daerah, lalu saya rayu supaya dikembangkan dulu di Jateng, supaya bumdes di Jawa Tengah ini menggunakan dulu, sebelum dikembangkan di propinsi lain,” terangnya. 

Pengembang aplikasi ini, lanjut Nadi, mengkhususkan untuk bumdes, dia menilai, aplikasi tersebut merupakan sebuah idealisme anak muda yang luar biasa.

“Dengan aplikasi BUMDeshub yang dia kembangkan, ke depan bumdes tidak perlu banyak modal, BUMDes cukup modal foto, upload, selesai, terjadi transaksi dapat margin," tambahnya.

Selain Kabid Pemberdayaan Masyarakat Dispermades Prov. Jateng, dalam rakor juga menghadirkan narasumber sekaligus Founder BumdesHub, Nurhamit.

Dijelaskan Nurhamit, bahwa sekarang merupakan waktu yang tepat untuk digitalisasi produk BUMDes, menurutnya, masyarakat saat ini sudah akrab dengan teknologi.

“Oleh sebab itu, kami menghadirkan Aplikasi bernama BUMDESHUB, untuk membantu pengelola BUMDes, agar omsetnya naik dan menggerakan masyarakat desa, bagi yang punya usaha agar produknya diunggah ke BUMDeshub, bisa melalui bumdes di desa atau langsung ke aplikasi bumdeshub,” jelasnya.

Diungkapkan Nurhamit, bahwa masyarakat dapat mendaftarkan usahanya ke pengelola BUMDes di desa dan masyarakat juga bisa daftar Driver BUMDes. 

“BUMDESHUB adalah Aplikasi e-commerce dan pengantaran, dimana pengelola BUMDes bisa aktivasi akun bumdes di BUMDeshub untuk unggah produk atau ciptakan unit usaha baru, misal jasa panggil pedagang sayur, panggil servis, ojek online, guide, produk ukm, dan lain-lain,” ungkapnya.

Ditandaskan Nurhamid, BUMDes minimal bisa ciptakan 7 usaha baru dan yang menjadi targer pasar adalah anak muda dimana saat ini 53% penduduk Indonesia di huni Gen Z dan Gen Milenial.

“Bahkan pada tahun 2024 diproyeksi mencapai 60%, anak muda ini harus kita berdayakan,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam Rakor tersebut, pengelola BUMDes di Jawa Tengah bisa memanfaatkan paket yang disediakan oleh aplikator BUMDeshub untuk memulai digitalisasi produk Bumdes di dalam aplikasi BUMDeshub, adapun pilihan paket sebagai berikut;

Paket Bumdeshub Basic;

- Langganan hosting bumdeshub Rp50,000,- per bulan

- Bumdes dapat bagi hasil 5% per transaksi per produk

- Deposit per driver dan mitra bumdes masing-masing minimal 50,000 

- Bumdes bisa kelola driver /ojol/ kurir 20 orang driver

- Bumdes bisa unggah 30 produk usah bumdes

- Bisa ciptakan 5 produk usaha baru digital bumdes (jasa panggil tukang sayur, servis,dll)

- Admin bumdes dapat training penggunaan aplikasi bumdeshub

- Gratis konsultasi

Paket Bumdeshub Silver;

- Langganan hosting bumdeshub Rp175,000,- ribu per bulan

- Bumdes dapat bagi hasil 5% per transaksi per produk

- Deposit per driver dan mitra bumdes masing-masing minimal 50,000 

- Bumdes bisa kelola driver /ojol/ kurir 30 orang

- Bumdes bisa unggah 50 produk usaha bumdes 

- Bumdea bisa ciptakan 7 produk usaha baru digital bumdes (jasa panggil tukang sayur, servis,dll)

- Admin bumdes dapat training penggunaan aplikasi bumdeshub

- Gratis konsultasi

- 1 Aplikasi Admin CS per bumdes

Paket Bumdeshub Basic dan Silver;

- Langganan hosting bumdeshub Rp175,000,- ribu per bulan

- Bumdes dapat bagi hasil 5% per transaksi per produk

- Deposit per driver dan mitra bumdes masing-masing minimal 50,000

- Bumdes bisa kelola driver /ojol/ kurir 50 orang

- Bumdes bisa unggah 100 produk usaha bumdes 

- Bumdea bisa ciptakan 15 produk usaha baru digital bumdes (jasa panggil tukang sayur, servis,dll)

- Admin bumdes dapat training penggunaan aplikasi bumdeshub

- Gratis konsultasi

- 1 Aplikasi Admin CS per bumdes

Saatnya naikan omset transaksi bumdes Anda dengan menggunakan aplikasi Bumdeshub, bumdes Anda punya potensi transaksi minimal 1000 transaksi per hari karena sistem kami mendukung untuk itu serta bisa terkoneksi antar pengguna dan pengelola bumdes secara Nasional.

Untuk Anda pengelola bumdes di Indonesia segera aktivasi akun bumdes Anda di Bumdeshub, Anda bisa kontak CS BumdesHub, WA; 087700338037

Bagi penelola bumdes bisa download aplikasi bumdeshub di play store dan segera aktivasi akun bumdes Anda. (Endar Wiharjo)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)