Kapolri Sindir Kapolda, Kapolres Yang Tidak Responsif Pada WA Aduan Masyarakat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 April 2021

Kapolri Sindir Kapolda, Kapolres Yang Tidak Responsif Pada WA Aduan Masyarakat


JAKARTA, suarakpk.com – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam sambutannya di Rakernis Propam Polri, Selasa (13/4/2021), menyindir para Kapolda, Kapolres, hingga Kasatker yang tidak membaca pesan berupa aduan dari masyarakat.

Diakui Jenderal Bitang Empat, bahwa dirinya tetap merespons semua pesan WhatsApp, dari nomor tak dikenal sekalipun.

"Saya nggak kenal, itu WA dari siapa, saya buka dan kemudian saya teruskan. Kadang saya jawab, saya teruskan. Jadi, kalau saya yang jadi Kapolri masih mau menerima dan membaca pengaduan-pengaduan tersebut, saya nggak bisa bayangkan kalau seorang kasatker, seorang kapolda, kapolres, rekan-rekan yang dinas di Propam tidak mau membaca," ucapnya.

Dikatakan Kapolri, bahwa bahwa dirinya setelah membaca pesan aduan masyarakat, yang kemudian diteruskan pada kasatker, kapolda, kapolres, maupun yang berdinas di Propam,  harus memiliki rencana aksi untuk menuntaskan aduan tersebut.

"Kalau saya masih mau membaca, rekan-rekan tugasnya pada saat saya forward, maka harus ada rencana aksi, harus ada langkah sehingga pengaduan tersebut bisa dituntaskan," sambung Sigit

Sigit mengatakan menjadikan jumlah aduan masyarakat yang masuk ke ponselnya sebagai tolok ukur efektivitas aplikasi menampung komplain online. Jika masih banyak masyarakat yang mengadu kepadanya, aplikasi tersebut belum efektif.

"Kalau angka masih tinggi, tingkat kepuasan masyarakat masih belum dirasakan, atau masih banyak laporan yang masuk ke saya, artinya mekanisme e-komplain belum berjalan dengan baik. Itu saja ukurannya. Jadi tolong, dalam satu tahun pertama ini, pasti akan ada peningkatan, tapi itu wajar. Namun tolong rekan-rekan di-mapping, kemudian dilakukan respons cepat terhadap pengaduan-pengaduan yang masuk ke kita," kata Sigit.

Selain itu, lambannya dalam penanganan perkara oleh Polisi, terkait masalah mafia tanah, ketidaknetralan menjadi salah satu bagian yang diadukan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Sampai saat ini, saya masih menerima aduan secara langsung dari masyarakat tentang keluhan-keluhan terkait dengan masalah keterlambatan penanganan perkara, terkait masalah mafia tanah, ketidaknetralan, itu saya masih menerima. Dan biasanya saya forward kepada siapa yang bertanggung jawab untuk melaksanakan hal tersebut. Itu masih saya lakukan," pungkas Kapolri. (001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)