Warga Desa Ngrawoh Berharap Sumber Sendang Belik Cino Bisa Memenuhi Kebutuhan Warga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Oktober 2020

Warga Desa Ngrawoh Berharap Sumber Sendang Belik Cino Bisa Memenuhi Kebutuhan Warga


Blora, suarakpk.com - Desa ngrawoh merupakan salah satu dari 10 desa di kecamatan Kradenan,  kabupaten Blora, Jawa tengah, dengan letak geografis daerah pegunungan di kawasan hutan kph Ngawi Jawa Timur. Desa Ngrawoh berjarak sekitar 7 kilometer dari kota kecamatan Kradenan kearah selatan.


Jum'at (09/10/2020) Ketika jurnalis suarakpk berkunjung ke Desa Ngrawoh yang mempunyai jumlah penduduk 610 jiwa (206 kk) untuk melihat secara langsung keberadaan tandon air (water toren ) yang bercat merah putih, langsung ditemui kepala Desa Ngrawoh kemudian diajak langsung kelokasi sumber belik Cino yang ada di Desa Ngrawoh.


Desa yang terletak di perbatasan antara Jawa tengah - Jawa timur hanya dipisahkan Bengawan solo. walaupun sangat dekat dengan sungai Bengawan solo yang tidak pernah kering, akan tetapi penduduknya bila dimusim kemarau, warga sering kesulitan air bersih untuk keperluan mandi, mencuci dan minum.


 Dibawah pimpinanan kepala desa baru purwondo, Desa Ngrawoh berhasil membangun dan  memaksimalkan sumber air belik Cino peninggalan leluhur.


Purwondo menjelaskan sumber belik Cino telah dibuat tandon penampungan air, dengan cara digali dan dipondasi dengan ukuran 3x4 meter kedalaman 2,5 meter meter utk menampung air bawah tepat  disumbernya dan juga di buat tower air diatas bukit ketinggian 60 meter,tandon penampunan utama atas dengan ukuran 3x3 meter dan ketinggian 5,5 meter, menggunakan dana DD (dana desa) tahap II sebesar Rp. 195.000.000,- pembangunan dimulai 10 Juli 2020.


Purwondo sebagai kepala desa baru Desa Ngrawoh akan terus berusaha sekuat tenaga dan semaksimal mungkin demi kemajuan, kenyamanan serta kemakmuran warga masyarakat desa yang dipimpinnya, sesuai visi dan misi yaitu tercukupinya kebutuhan air untuk minum, mandi, mencuci, maka bersama masyarakat memaksimalkan sumber sendang  belik Cino dengan  cara dibuat tandon (penampungan air) guna menampung air sendang, lalu disalurkan ke warga desanya melalui intalasi pipa paralon (pvc). Dengan dibangunnya sumber air belik Cino ini membuat kebutuhan air warganya tercukupi hampir 90% dari jumlah penduduk desa.


Air penampungan disalurkan melalui pipa paralon (pvc) sepanjang jalan desa dan lorong desa, di beberapa titik diberi kran, warga bergantian dengan selang yang ada mengambil air. sebagai kepala desa Ngrawoh memohon kepada Pemda Blora untuk memperhatikan desanya.


Purwondo menuturkan target nya tahun depan mau mencari titik sumber air 2 titik lagi dengan harapan untuk mencukupi kebutuhan air wargannya karena kondisi daerah Ngrawoh berbukit dan diarea hutan Jawa timur kph Ngawi.


Salah satu warga desa Ngrawoh Nardi, menjelaskan dirinya sangat senang dan gembira, sekarang kebutuhan air minum, mandi, bisa tercukupi tidak perlu lagi ambil air dari bengawan solo dan tidak perlu masuk hutan untuk mencair air bersih disaat musim kemarau seperti saat ini. sekarang cukup putar kran depan rumah, tarik selang air, sudah sampai dirumahnya dan berterima kasih kepada kepala desa Purwondo, pungkasnya. (Dwi red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)