Penyebaran Virus Corona Berdampak Pada Pendapatan PDAM - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

02 April 2020

Penyebaran Virus Corona Berdampak Pada Pendapatan PDAM

FOTO: Direktur PDAM Tirta Bahalap Kuala Kurun, Guntur J Ruben
                
GUNUNG MAS, SUARAKPK – Penyebaran virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Gunung Mas (Gumas) juga berdampak pada terjadinya penurunan pendapatan yang diterima oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bahalap Kuala Kurun.

"Memang terjadi penurunan pendapatan untuk pembayaran dari pelanggan PDAM, yakni sekitar 10 persen pada bulan Maret ini". Ungkap Direktur PDAM Tirta Bahalap Kuala Kurun, Guntur J Ruben, Rabu (01/04/2020).

Dia menuturkan, penyebab penurunan pembayaran dari pelanggan PDAM ini, karena ada imbauan dari pemerintah yang meminta masyarakat tetap berada di rumah untuk memutus mata rantai virus corona, sehingga mereka tidak bisa keluar rumah untuk bekerja.

"Penurunan pendapatan dari pembayaran pelanggan PDAM hanya terjadi pada bulan Maret ini. Sedangkan pembayaran bulan Januari dan Februari masih normal. Kami berharap kondisi sekarang ini tidak berlangsung lama, sehingga layanan dan pembayaran pelanggan PDAM kembali normal". Tuturnya.

Dia mengatakan, penurunan pembayaran dari pelanggan PDAM akibat penyebaran virus corona ini tidak hanya terjadi di Kantor PDAM Kota Kuala Kurun saja, akan tetapi disetiap unit pelayanan PDAM yang ada di kecamatan juga mengalami penurunan.

"Kami memiliki lima unit pelayanan di Ibukota Kecamatan (IKK), yakni IKK Sepang Simin, Kampuri, Tewah, Tumbang Miri dan Tumbang Talaken. Laporan dari semua IKK tersebut juga mengalami penurunan". Sebutnya.

Meski dihantui penyebaran virus corona, kata dia, layanan PDAM Tirta Bahalap Kuala Kurun yang merupakan perusahaan pelayanan publik tetap berjalan seperti biasa. Dimana untuk pembayaran pelanggan PDAM dibuka pukul 08.00-15.00 WIB. Sedangkan untuk karyawan, sudah dibuatkan jadwal pelayanan sesuai surat edaran Bupati Gunung Mas (Gumas).

"Jadwal bertugas untuk karyawan sudah dibuat. Di tengah pandemi corona ini, pembagian tugas dilakukan secara bergiliran. Jadi mereka bergantian, ada yang di rumah dan juga ada yang melayani masyarakat". Terangnya.

Untuk mencegah penyebaran virus corona di lingkungan PDAM, pihaknya sudah melakukan beberapa langkah antisipasi, yakni dengan menyiapkan tempat untuk mencuci tangan, melakukan penyemprotan disinfektan, serta menyediakan Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker untuk seluruh karyawan. (wil/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)