Wabup Aceh Timur : infeksi Corona bukan aib,lapor bila rasakan gejala - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

24 Maret 2020

Wabup Aceh Timur : infeksi Corona bukan aib,lapor bila rasakan gejala

Aceh Timur/suarakpk com- wakil bupati Aceh Timur Syahrul Bin Syamaun  mengimbau kepada masyarakat Aceh Timur untuk menghindari penularan virus corona atau COVID-19.

Bagi masyarakat yang mengalami gejala virus corona seperti demam, batuk, sesak nafas dan baru kembali dari negara terjangkit dalam 14 hari sebelum menderita sakit, agar berobat ke Puskesmas atau Rumah Sakit terdekat.

“Berikan informasi kepada pukesmas terdekat,dokter dan tenaga kesehatan tentang riwayat perjalanan sebelum dan saat mengalami sakit serupa,”ujar wabup kepada media ini.Selasa (24/3/2020).

Lanjutnya ia berharap peranan aparatur gampong/desa sangatlah penting untuk menjaga lingkungan,bila ada Warganya yang baru pulang dari luar negeri untuk segera melapor untuk memeriksa kesehatan dan jangan sungkan atau malu karena ini bukan aib,lapor bila rasakan gejala-gejala.ujar Wabup.

Ia mengatakan, keterangan pasien tentang riwayat penyakit sangat diperlukan untuk mengetahui sumbernya.

Informasi itu akan dikombinasikan dengan hasil pemeriksaan guna penanganan medis yang tepat bagi penyakitnya.

Wabup juga menyarankan agar kita selalu melindungi anak-anak dan orang tua dirumah untuk antisipasi  virus Corona dengan cara:
1.Segera mandi dan ganti baju.
2.Jangan bersandar atau menyentuh apapun sepulang dari berpergian.
3.Stop gantung baju setelan dipakai keluar.
4.Hindari kontak dengan anak-anak atau anggota keluarga lainnya sebelum mandi dan ganti baju.
5.lakukan dengan kesadaran penuh untuk melindungi anggota keluarga dan mereka yang rentan.

"Ia juga meminta kepada pasien untuk menerapkan etika batuk atau bersin dengan menutup mulut/hidung menggunakan tisu. Upaya ini dilakukan untuk menghindari penularan virus melalui udara.

Adapun cara menghindari virus corona maka masyarakat diminta lebih sering mencuci tangan terutama setelah batuk atau bersin,sebelum dan sesudah menyiapkan makanan,sebelum makan,setelah menggunakan toilet dan setelah merawat binatang.

Serta Cuci tangan dilakukan memakai air mengalir dan sabun serta bilas kurang lebih 20 detik.

Jika tidak tersedia air dapat menggunakan cairan pembersih tangan yang mengandung alkohol 70-80 persen.

“Gunakan masker bedah jika memiliki sakit dengan gejala infeksi saluran napas (batuk dan flu) dan segera berobat. Jika sedang sakit kurangi aktifitas di luar rumah dan hindari kontak dengan orang lain, tambahnya.pungkas Wabup Aceh Timur Syahrul Bin Syamaun.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)