Pemda Muna Berikan Kapal Gratis Rute Raha-Maligano - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Desember 2019

Pemda Muna Berikan Kapal Gratis Rute Raha-Maligano





MUNA - Kabar gembira bagi masyarakat Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) khususnya yang kerap menggunakan jasa penyeberangan lintas Raha-Maligano ataupun sebaliknya. Jika sebelumnya harus merogoh kocek dengan jasa penyeberangan laut, kini tidak lagi.

Pasalnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna telah menyediakan kapal Fery melalui PT Pelni yang bakal mengantarkan masyarakat dengan rute Raha-Maligano secara gratis tanpa menggunakan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Kapal tersebut mulai beroperasi sejak diresmikan oleh Bupati Muna, LM Rusman Emba didampingi Kepala PT Pelni cabang Baubau, Ahmad Sadikin, Minggu (8/12) sekira pukul 14:00 Wita di dermaga Pelabuhan Lagasa.

Jadwal beroperasinya Fery bernama KM Gandha Nusantara 19 itu hanya Sabtu dan Minggu. Setiap Sabtu, kapal akan berangkat dari Raha ke Maligano pada pukul 13:00 Wita. Sebaliknya jika dari Maligano-Raha kapal berangkat pukul 08:00 Wita. Kapasitas muatnya sebanyak 80 orang. Sementara ini, kapal belum bisa melayani muatan kendaraan, sebab adanya kendala dermaga Maligano yang belum siap.

Ahmad Sadikin, Kepala PT Pelni cabang Baubau mengaku, berlayarnya kapal Fery itu tak lepas dari usaha kerja keras Rusman Emba. Kata dia, berkat permintaan Rusman, Kementerian Perhubungan menyahuti KM Gandha Nusantara 19 untuk berlayar melayani masyarakat lintas Raha-Maligano.

"Berkat perjuangannya (Rusman Emba, red) kita bisa melayani masyarakat di sini. Diharapkan masyarakat dapat turut andil dalam menjaga dan memelihara aset Negara tersebut," ujar Ahmad Sadikin.

Sementara itu, Rusman mengatakan, dengan adanya kapal gratis itu dapat lebih meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. Ia berjanji, jika pihaknya bakal terus berupaya untuk meningkatkan pengembangan sarana prasana yang ada di Bumi Sowite.

"Semoga kita senantiasa diberi kelapangan, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud," tandas Rusman. (Randy Yaddi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)