Pameran Kearsipan Tampilkan Potret Pendidikan di Salatiga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

24 Juli 2019

Pameran Kearsipan Tampilkan Potret Pendidikan di Salatiga


SALATIGA, suarakpk.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dinpersip) Kota Salatiga, mengadakan Pameran Arsip bersejarah di Kota Salatiga.
Pameran Kearsipan Kota Salatiga Tahun 2019 kali ini mengangkat tema “Potret Pendidikan di Salatiga dalam Bingkai Sejarah dan Kearsipan” dibuka oleh Walikota Salatiga, H.Yulianto,SE.,MM, Rabu (24/7/2019), di Kantor Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota, Jalan LMU.Adisucipto No.7 Salatiga. (Baca Juga : Dinpersip Kota Salatiga Pamerkan Konten Lokal Salatiga)
Pameran arsip Potret Pendidikan di Salatiga menampilkan dokumentasi foto-foto jaman dulu di era 1940an, buku – buku pelajaran era tahun 60 an, dengan dimeriahkan pentas musik, Band Pelajar, Atraksi Wushu, dan Karawitan Modern Siswa SMPN 2 Kota Salatiga serta pembagian piagam penghargaan kepada siswa siswi pemenang lomba menulis dan dongeng. Selain Walikota Salatiga, turut hadir dalam pembukaan kearsipan, Sekda Kota Salatiga, Drs. Fakruroji, Forkompinda Kota Salatiga, para Kepala OPD Setda Kota salatiga dan Siswa Siswi Sekolah SD maupun SMP se Kota Salatiga serta Tamu Undangan lainnya.
Arsip yang dipamerkan merupakan koleksi Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga, Griya Media, UKSW dan Sekolah-sekolah Se Kota Salatiga. (Baca Juga : Dinpersip Kota Magelang Studi Banding Di Dinpersip Kota Salatiga)
Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, Suryanto,SH dalam sambutannya, mengatakan bahwa pelaksaan Pameran Kearsipan Kota Salatiga, untuk mensosialisasikan kearsipan kepada masyarakat.
“Kami mengenalkan kearsipan yang dilaksanakan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan, mengenalkan khasanah arsip yang dimiliki oleh Salatiga dan mempromosikan kepada masyarakat akan arti pentingnya arsip, dan memperingati hari jadi Kota Salatiga ke 1269.” tuturnya.
Suryanto menyebutkan, jika sasaran pelaksanaan Pemeran Kearsipan Kota Salatiga 2019, masyarakat secara umum dan penyelenggara kearsipan di Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, Lembaga Pendidikan, Perusahaan, Organisasi Politik, Organisasi Kemasyarakatan serta perorangan secara khusus. (Baca Juga : Pelatihan Penguatan Kompetensi Tenaga Pendidik Di Tengaran )

Sementara, Walikota Salatiga, H.Yulianto,SE.,MM dalam sambutannya berharap, melalui kegiatan Pameran Kearsipan dapat menyadarkan semuanya, akan arti penting arsip dan menggugah kesadaran masyarakat untuk merawat dan menjaga arsip-arsip yang memiliki dinilai histories.
“Sebab tidak dapat dipungkiri, bahwa masih banyak masyarakat yang belum sadar, tentang arti penting arsip, karena arsip sering dinilai sebagai barang yang tidak berguna dan barang-barang yang sudah using, sebagai bagian masa lalu yang tidak ada kaitannya dengan masa yang akan datang,” kata Yulianto.
Walikota dua Periode ini juga mengungkapkan, sebaliknya arsip justru menjadi bukti eksistensi dari suatu perjalanan hidup Bangsa Dan Negara, terlebih di era perkembangan jaman tehnologi, informasi yang begitu pesat. (Baca Juga : PT. JNI Terkesan Menunda, Petani Tambak Minta Segera Ganti Rugi)
“Dimana bukti-bukti kearsipan ini sangat dibutuhkan dan sekarang sedang diminati untuk diburu oleh para pecinta Salatiga tempo dulu atau mungkin orang-orang peduli terhadap budaya perkembangan jaman,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Yulianto menjelaskan, Kota Salatiga sebagai Kota Pendidikan sebagaimana misi dan visi RPJMD 2017-2022, dimana untuk meningkatkan kualitas pendidikan ditambah dengan dinobatkannya Salatiga sebagai salah satu Kota Cerdas se Indonesia beserta raihan prestasi dari putra-putri Kota Salatiga. (Baca Juga : Sedekah Bumi Di Dusun Tapelan, Desa Tawangrejo, Kec.Kunduran)
“Saya rasa sudah tepat jika pameran kearsipan ini mengambil tema “Potret Pendidikan di Salatiga dalam Bingkai Sejarah dan Kearsipan” untuk itu, saya berharap, supaya pameran kearsipan ini dapat benar-benar menjelaskan dan menggambarkan potret pendidikan yang ada di Kota Salatiga dari jaman dulu hingga sampai sekarang, sehingga para pengunjung dapat melihat dan merasakan serta memahami perkembangan dunia pendidikan di Kota Salatiga,” pungkas Yulianto. (001/red)

Lihat Videonya :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)