Dinpersip Kota Salatiga Pamerkan Konten Lokal Salatiga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Juli 2019

Dinpersip Kota Salatiga Pamerkan Konten Lokal Salatiga


SALATIGA, suarakpk.com - Dalam rangka meningkatkan budaya baca dan mengajak warga masyarakat kota salatiga dan sekitarnya untuk mengembangkan literasi, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga, hari ini Kamis (11/7) menggelar Pameran Buku Kontel Lokal Dan Terbitan Daerah Tahun 2019 dengan mengangkat tema “Membaca Salatiga IV” di halaman Dinas Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga.
Dalam sambutannya, Kepala Dinpersip Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi menuturkan, Pameran Buku Konten Lokal tersebut bertujuan untuk mengenalkan hasil karya penerbit dan penulis salatiga.
“Tulisan atau karya tentang Kota Salatiga baik itu berbentuk buku ataupun non buku.” tutur Setyo Budi. (Baca Juga : Dinpersip Kota Magelang Studi Banding Di Dinpersip Kota Salatiga)
Dikatakan olehnya, bahwa melalui kegiatan tersebut, masyarakat akan memperoleh banyak manfaat dalam pengembangan kepustakawanan secara umum dan pengembangan penulisan secara serta penerbitan buku di Kota Salatiga.
“diharapkan, promosi terbitan lokal kepada masyarakat dapat semakin mingkat dan semakin mudah mengapresiasi hasil-hasil karya terbitan masyarakat Kota Salatiga.” ujarnya.
Menurut Setyo Budi, bahwa perpustakaan daerah kota salatiga sebagai institusi yang melaksanakan layanan perpustakaan dituntut untuk mengembangkan koleksi kekhasan budaya daerah.
“pengembangan minat baca dan literasi masyarakat merupakan tugas strategis kami.” ucap Setyo Budi. (Pimred SUARAKPK Laporkan 2 Oknum Polisi Ke Propam)
Ditambahkan Setyo Budi, kekhasan budaya daerah diwujudkan oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga melalui penerbitan buku dan film documenter dengan subyek Kota Salatiga.
“Dari tahun 2013 hingga tahun 2018, kami telah menerbitkan tidak kurang dari 19 judul buku dan 19 judul film documenter yang bercirikan kekhasan budaya Kota Salatiga.” tambanhnya.
Dia percaya, di Kota Salatiga banyak institusi, komunitas, LSM dan bahkan perseorangan yang sudah pula menerbitkan dokumentasi atau tulisan tentang Kota Salatiga. Sebab, kata Setyo Budi, bahwa koleksi-koleksi konten lokal bagi Kota Salatiga adalah sebuah kekayaan yang tidak ternilai harganya.
“Kami berharap, melalui pameran ini, akan lebih terjalin komunikasi dalam memperkuat koleksi konten lokal Kota Salatiga. (Baca Juga : Perpusda Kota Salatiga Juara I Tingkat Provinsi Jawa Tengah)
Selian itu, kata Setyo Budi, Pameran ini memiliki momentum penting untuk mengenalkan dan mempromosikan koleksi konten lokal perpustakaan dan terbitan lokal Kota Salatiga.
“kita semua berharap, pameran ini yang dimulai hari ini (11/7) sampai dengan hari minggu (14/7) dapat memaksimalkan penulis dan penerbit dan dapat dijadikan ajang promosi penerbit, penulis di Kota Salatiga yang masih memiliki pangsa pasar terbatas.” pungkasnya. (Is/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)