Perpusda Kota Salatiga Juara I Tingkat Provinsi Jawa Tengah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

27 Juni 2019

Perpusda Kota Salatiga Juara I Tingkat Provinsi Jawa Tengah


SALATIGA, suarakpk.com - Rasa bangga dan bersyukur yang saat ini dirasakan oleh Kepala dan jajaran Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga, pasalnya Perpustakaan Daerah Kota Salatiga resmi menjadi juara I lomba bidang perpustakaan daerah Tingkat Provinsi Jawa Tengah, yang diadakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah.
Lomba yang diadakan dalam kurun waktu bulan April sampai dengan Juni diikuti oleh semua Perpustakaan Daerah se Jawa Tengah. (Baca Juga : Adanya Ketidakvalidan Raport Mutu Pendidikan Di Kota Salatiga Rugikan Sekolahan)
Pengumuman pemenang lomba Kearsipan dan Perpustakaan tingkat Provinsi Jawa Tengah tertuang dalam surat yang dikirimkan dengan nomor Surat Nomor : 040/3307 tentang Pengumuman Juara Lomba Bidang kearsipan dan perpustakaan Tingkat Provinsi Jateng Tahun 2019, tanggal 25 Juni 2019 yang ditanda tangani oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah, Prijo Anggoro BR, SH., M.Si.  (Baca Juga : Kecamatan Tingkir Berikan Layanan Keliling Pembayaran PBB)
Berdasarkan surat tersebut, lomba yang perlombakan diantara Bidang Kearsipan dan Bidang Perpustakaan. Dan dijelaskan bahwa penilaian di bidang perpustakaan didasarkan pada,  penilaian administrasi, presentasi, wawancara, verifikasi lapangan dan penilaian secara langsung.
Sementara, saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga, Setyo Budi sedang mengikuti pelatihan kepemimpina di Yogyakarta, sedangkan Sekretaris Dinas juga sedang menjalankan Dinas Luar. Hingga berita ini diturunkan, suarakpk.com belum dapat mengkonfirmasi Pimpinan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Kota Salatiga.
Untuk diketahui, bahwa beberapa tahun lalu, Badan Arsip dan Perpustakaan Jawa Tengah pernah mengeluarkan survey yang menyebutkan bahwa Perpustakaan Daerah (Perusda) Salatiga sebagai perpustakaan yang paling dikunjungi masyarakat dibanding perpustakaan daerah lain di Jateng.  (Baca Juga : SMPN 2 Salatiga Siap Menghadapi Era Digital)
Berdasarkan data survey yang dilakukan itu, tercatat ada sekitar 355.000 lebih pengunjung yang hadir di Perpustakaan Daerah Salatiga selama setahun. Jumlah ini lebih banyak daripada Perpusda Kabupaten Wonosobo yang memiliki jumlah pengunjung sekitar 266.000/tahun dan Perpusda Kabupaten Batang yang dikunjungi sekitar 206.000 pengunjung/tahun.
Jika dilihat dari segi fasilitas perpustakaan yang terletak di Jl LMU Adi Sucipto No.7 Salatiga ini memiliki ruang baca yang cukup luas dan terdiri dari dua lantai. Perpustakaan ini buka setiap hari, bahkan pada hari Minggu.
Pada hari Senin-Jumat, perpustakaan ini buka mulai pukul 08.00-20.00. Sementara, untuk hari Sabtu-Minggu, perpustakaan ini mampu melayani pembaca sejak pukul 08.00-16.00.
Persyaratan untuk menjadi anggota di perpustakaan ini juga tidak terlalu ribet. Untuk menjadi anggota, Anda cukup datang secara langsung sambil membawa foto copy kartu identitas yang masih berlaku. Namun, jika Anda bukan berasal warga asli Salatiga, Anda perlu membawa surat pernyataan resmi dari pejabat daerah Anda tinggal yang menyatakan bahwa Anda penduduk asli daerah tersebut.
Selain pelayanan yang bagus, Perpusda Salatiga juga memiliki koleksi buku yang berlimpah. Tercatat perpustakaan ini memiliki koleksi sekitar 39.000 buku lebih, yang terdiri dari buku fiksi, filsafat, sastra, maupun pengetahuan umum. (Baca Juga : Kapolda Jateng Silaturahmi Ke Ponpes Girikusumo Demak)
Sedang untuk secara online, bagi masyarat yang ingin melihat koleksi buku Perpsutakaan Daerah Kota Salatiga, masyarakat cukup mengunduh aplikasi Salatiga Mobile Library, melalui aplikasi Playstore bagi pengguna Android. Namun, jika tidak menggunakan Android, masyarakat masih bisa diberi kemudahan lewat akses internet di website opac.salatigakota.go.id. (ImamS/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)