Halal Bi Halal Sekaligus Rakerda PB GEMKARA Hasilkan 8 Pokja Dan 10 Usulan Ke-Pemkab Batu Bara - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

27 Juni 2019

Halal Bi Halal Sekaligus Rakerda PB GEMKARA Hasilkan 8 Pokja Dan 10 Usulan Ke-Pemkab Batu Bara



Ketgam Bupati Batu Bara Ir Zahir M.AP saat menyerahkan bulu berjudul Bertenun Kain Songket Melayu Batu Bara 

Batu Bara,suarakpk.com - Gerakan Menuju Kesejahteraan Masyarakat Batu Bara yang semula bernama Gerakan Masyarakat Menuju Pemekaran Batu Bara  (GEMKARA) untuk pertama kali  melaksanakan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) di Gedung Olah Raga ‘GOR’ PT. Inalum di komplek perumahan Tanjung  Gading Desa Tanjung Gading, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Selasa 25/6/2019 dimulai dari pukul 10.00 Wib sampai pukul 18.00 Wib.

Rakerda pertama PB GEMKARA hari itu dirangkai dengan acara Halal bi halal  bertemakan “Bersatu Untuk Bersatu Mewujudkan Percepatan Pembangunan Kabupaten Batu Bara”, dihadiri  puluhan pengurus GEMKARA mulai dari pengurus inti juga Divisi yang ada di 7 kecamatan inti sebelum kabupaten Batu Bara dimekarkan menjadi 12 kecamatan.

Pada Rekerda pertama itu PB GEMKARA menghasilkan 8 Program Kerja (Pokja) yang akan dilaksanakan selama 3 tahun untuk priode 2019-2022  adapun 8 Pokja yang dimaksud 
1. Pembentukan pengurus Divisi GEMKARA Kecamatan dan Desa.
2. Pembentukan, pembenahan, pengefektipan, pengoptimalan Lembaga Kebudayaan yang berorientasi terhadap pelestarian adat, budaya, artefak, situs, cagar budaya dan peninggalan sejarah Batubara sebagai watisan leluhur.
3. Membangun afiliasi dengan BUMN dan swasta dalam rangka kesejahteraan masyarakat Batubara.
4. Pembentukan Lembaga Bantuan Hukum
5. Pembentukan Lembaga Bantuan Pers
6. Pendirian Perseroan Terbatas (PT)
7. Pendirian Lembaga Sosial dan Lembaga Pendidikan disemua Strata dengan program keahlian mengikuti perkembangan dan kebutuhan ketenagakerjaan di kabupaten Batubara.
8. Pemberdayaan dan pengawasan UMKM dan lembaga penyalur bantuan Sosial berbasis keluarga

Pada sambutan Ketua Umum PB GEMKARA Drs. Khairul Muslim menegaskan, kedepan akan mempersiapkan konsep – konsep yang jelas dengan program kerja untuk diselaraskan dengan Pemkab yang akan disampaikan kepada Bupati demi kemakmuran Masyarakat sesuai dengan cita-cita pemekaran.

Sementara Ketua Dewan Pembina PB GEMKARA Prof. Dr OK Saidin SH, M.Hum mengatakan GEMKARA harus terus menyampaikan pokok- pokok pemikiran guna turut membantu Pemkab Batu Bara dalam upaya melaksanakan percepatan pembangunan di Batu Bara dengan tujuan kemakmuran Masyarakat Batu Bara itu sendiri.

“Kalau Gemkara mau berwibawa harus mau tangan di atas, jangan perna meminta-minta, apalagi meminta proyek, Gemkara harus mampu berbuat sendiri”, katanya. 

“Kedepan setelah selesai rapat kerja ini Gemkara harus sampaikan pokok pikirannya ke Bupati dalam hal bagaimana membangun Batu Bara termasuk dalam  dunia usaha. seperti mendirikan perseroan terbatas, pabrik industri pengalengan ikan dan sebagainya”, ucap Guru Besar fakultas hukum USU itu.

Bak gayung bersambut, Bupati Batu Bara Ir Zahir M.AP dalam pidatonya menyambut baik pemikiran yang disampaikan GEMKARA untuk bersama-sama membangun Batu Bara yang sesuai dengan impian Masyarakat untuk mewujudkan kemakmuran di bumi Batu Bara.

“Konsep dan pokok pemikiran yang dilahirkan Gemkara sangat baik, kenapa tidak, Sulawesi bisa, Riau dengan laskarnya bisa, kenapa Gemkara tidak,” ucap Zahir disambut dengan tepuk tangan meriah dari yang hadir. 

Dalam hal itu Zahir berharap agar Gemkara dapat bekerjasama dengan Pemkab untuk menghadang setiap orang-orang yang tidak menginginkan kemajuan Batu Bara, jika ada yang mau membubarkan TBUPP berarti sama mau membubarkan Bupati dan saya harap Gemkara harus bertindak tegas.

 “Jangan tinggalkan saya sendiri,” pinta Zahir.

Inilah 10 Usulan PB GEMKARA kepada Pemkab Batu Bara:
1. Pemimpin pemerintahan Batu Bara hendaknya tetap harus menjunjung tinggi hukum, hak asasi manusia serta berpihak kepada kepentingan Masyarakat.

2. Menghindari terjadinya rekruitmen pajabat ASN berdasarkan KKN, nepotisme dan transaksional. Memilih ASN yang memiliki kualifikasi sesuai peraturan perundang-undangan, berintegritas, profesional serta memiliki kapasitas, loyalitas, disiplin tinggi, berpihak dan memprioritaskan SDM lokal Batu Bara.

3. Mendukung penuh terwujudnya visi misi Ir Zahir M.AP – Oky Iqbal Prima SE yang berkenaan dengan rotasi, reposisi, mutasi pada jabatan struktural maupun fungsional guna peningkatan kinerja ASN Batu Bara dalam upaya percepatan pembangunan. Disisi lain GEMKARA tetap akan mengkritisi dan siap berhadap-hadapan dengan Pemkab, jika kebijakan Pemkab bertentangan dengan cita-cita perjuangan GEMKARA.

4. Tetap objektif dan rasional dalam melakukan Rotasi, reposisi, mutasi terhadap ASN, diukur dari integritas, moralitas, kapasitas, kualitas, loyalitas, disiplin dan kinerja dengan tetap mengacu pada “The Right Man on the right place”.

5. Pemerintah kabupaten (Pemkab) Batu Bara hendaknya selalu mempertimbangkan aspek sensitifitas dan psikologi Masyarakat serta etika birokrasi dalam rangka kebijakan rekruitmen dan penetapan tenaga Non-ASN yang berperan mendukung pengoptimalan pelayanan birokrasi (Menghindari keberadaan Non-ASN yang peran dan tugasnya sangat berlebihan diluar tupoksi serta batas kewenangannya).

6. Perlu mengefektipkan, mengoptimalkan penggunaan dana APBD dan Dana Desa (DD) dengan memanfaatkan sumber-sumber ekonomi secara profesional demi terwujudnya pemerintahan yang baik dan bersih.

7. Perlu peningkatan dan penguatan peran serta tanggungjawab tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, kaum perempuan, Lembaga Non pemerintah, LSM, media massa dalam rangka pemberdayaan Masyarakat serta pengawalan jalannya pemerintahan dan pembangunan di Batu Bara.

8. Perlu segera disusun perencanaan peningkatan guna pertumbuhan ekonomi Masyarakat setempat dengan cara menggerakkan pertumbuhan ekonomi kreatif.

9. Pembangunan harus tetap berorientasi pada penyelamatan lingkungan, sosial budaya, penyelamatan hutan pantai, pasir kuarsa, menyelamatkan kebudayaan dan peradaban, pembangunan moral dan religi bagi generasi muda, mengatasi lingkungan kumuh, menciptakan hunian yang layak, membangun sekolah dari tingkat dasar hingga pendidikan tinggi yang berorientasi pada keahlian khusus siap pakai.

10. Mengoptimalkan Zakat, infaq dan sedekah. Menyantuni fakir miskin dan anak-anak yatim, memberi beasiswa serta layanan kesehatan bagi Masyarakat Batu Bara yang kurang mampu

Amatan wartawan pada Akhir acara para pengurus PB GEMKARA  mengambil momen iedul fitri dengan saling bermaaf -maafan  (Muhammad amin) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)