GKR Pakoe Boewono Pamerkan Hasil Mahakarya Seni Batik dan Tari - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

02 Oktober 2022

GKR Pakoe Boewono Pamerkan Hasil Mahakarya Seni Batik dan Tari


SURAKARTA, suarakpk.com – Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sebagai pewaris adat budaya kerajaan mataram, dalam upaya melestarikan adat budaya leluhur, siang ini, Minggu (2/10/2022), menggelar pameran Batik Mahakarya Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Pakuoe Boewono dengan mengangkat tema “Batik : Jiwa dan Semangatku” di sasana handrawina Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Pameran Mahakarya GKR Pakoe Boewono dihadiri langsung Susuhunan Pakoe Boewono XIII bersama putra Mahkota dan para pengageng Keraton serta tamu undangan dari berbagai kalangan, nampak hadir pula, Mantan Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso bersama rombongan.

Dituturkan GKR Pakoe Boewono, bahwa pameran yang ia gelar merupakan bagian dari kreatifitasnya dalam ikut andil mewarnai keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

“Sejak muda saya sudah suka membatik, bagi saya membantik bukan sekedar pekerjaan, namun sebagai jiwa semangat saya,“ tutur Prameswari Dalem SISKS Pakoe Boewono XIII.

GKR Pakoe Boewono mengatakan, jika dirinya dalam membatik bukan sekedar membatik, namun semua motif batik yang menjadi karyanya dari sasmito saat melakukan meditasi.

“Pada saat saya melakukan meditasi, saya sering mendapatkan sasmita yang saya goreskan dalam pola-pola batik sesuai sasmito yang saya terima,” katanya.

Dijelaskan GKR Pakoe Boewono, bahwa setiap motif batik memiliki makna masing-masing.

“Berbagai motif memiliki makna dan arti masing,” jelasnya.

Selain menciptakan Mahakarta batik Pralapaningsih, GKR Pakoe Boewono juga menciptakan tarian trasional yang diberinama Bedoyo Ratu.

“Tarian bedoyo Ratu merupakan tarian yang mengisahkan perjalanan hidup saya sejak lahir hingga diangkat menjadi Prameswari Dalem SISKS Pakoe Boewono XIII,” ucapnya saat membuka acara pameran Mahakarya Batik.

Di sisi lain, menanggapi pameran Mahakarya Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono, Kanjeng Pangeran Andi Budi mengungkapkan, bahwa dirinya bangga dengan kreatifitas sosok Gusti Kanjeng Ratu.

“Di tengah berbagai kesibukkan sebagai Gusti  Ratu, namun beliau masih tetap bisa bermeditasi dan menghasilkan berbagai karya seni yang beliau goreskan dalam batik tulis,” ungkapnya.

Lebih lanjut Kanjeng Pangeran Andi Budi yang akrab dipanggil Gus Andi, mengatakan, berbagai motif batik karya Gusti Ratu memiliki arti dan makna sesuai dengan hasil meditasi, Gusti Ratu juga berhasil menciptakan seni tari tradisional.

“Sebagaimana dijelaskan Gusti Kanjeng Ratu Pakoe Boewono, semua karyanya, hanya didedikasikan untuk SISKS Pakoe Boewono XIII, ini yang membuat bangga Keraton Kasunanan Surakarta kepada Gusti Ratu,” pungkasnya. (Imam/Rio/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)