Wabup Gumas Terima Audensi dan Silaturahmi Ombudsman - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

21 Oktober 2020

Wabup Gumas Terima Audensi dan Silaturahmi Ombudsman

FOTO : Usai melakukan audiensi, Wabup Gumas Efrensia LP Umbing foto bersama dengan Kepala Ombudsman Perwakilan Kalteng, Biroum Bernardianto.

 

GUNUNG MAS, suarakpk.com – Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia LP Umbing sambut kedatangan Ombudsman Republik Indonesia (RI) Perwakilan Kalteng yang melakukan Audiensi terkait Tugas dan Wewenang Ombudsmen RI, sekaligus melakukian silaturahmi, Selasa (20/10/2020).

 

Wabup dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Ombudsmen RI Perwakilan Kalteng beserta jajarannya yang telah perkenalan dan silahturahmi dengan Pemerintah Kabupaten Gunung Mas.

 

“Ombudsman ini adalah mengawasi semua penyelenggara Negara, penyelenggara pemerintahan terkait dengan pelayanan publik”. Ujar Efrensia LP Umbing.

 

Pemkab Gumas sedang meningkatkan pelayanan publik, bahkan berbasis teknologi informasi dan ini semangkin disempurnakan apa saja yang bisa dilakukan menggunakan teknologi informasi, misalnya pendaftaran pasien di Rumah Sakit tidak perlu harus antri lagi cukup pendaftaran melalui online masyarakat yang mau berobat.

 

“Pemerintah Kabupaten Gunung Mas menyabut baik atas perhatian Ombudsman. Kami memandang ini sebagai sebuah awal yang baik karena kedatangan beliau ini mengingatkan kembali bahwa kita menyelenggarakan pelayanan publik itu dengan sebaik-baiknya”. Terangnya.

 

Beliau juga menawarkan kalu ada hal-hal yang berkaitan dengan sosialisasi ataupun acara peningkatkan pelayana publik, Ombudsman siap untuk bermitra, bukan berarti mengurangi pengawasan tetapi mitra itu mencegah lebih baik. Yaitu lebih mengkedepankan pencegahan itu dari pada ketimbang penindakan.

 

Kalau tidak ada yang ditindak lebih baik mencegah, sebenarnya kedatangan Ombudsman ini dalam rangka adanya mal administrasi, mencegah terbangkalainya atau tidak terlayani masyarakat dengan baik prinsifnya mencegah lebih baik dari pada mengobati.

 

Kepala Ombudsman RI Perwakilan Kalteng, Biroum Bernardianto pada kesempatan tersebut mengatakan, Kabupaten Gunung Mas pada tahun 2018 merupakan salah satu Kabupaten yang dari sisi kepatuhan itu jona hijau, artinya kepatuhanya itu baik.

 

Ia juga berharap dengan nihilnya laporan sesuai dengan kenyataan pelayan disini memang betul kualitasnya baik. Selain kunjungan silaturahmi kami juga membuka posko pengaduan hari ini di kantor Samsat, besok lanjut lagi ke Dinas Kependukan dan Pencatatatan Sipil, dan sejauh mana pelayan selama ini apakah benar hal tersebut terjadi.

 

“Kami juga mengubah paradikma Pemerintah biasanya ombudsmen itu tidak cuma sekedar lembaga pengawas pelayan publik yang sekedar mencari kesalahan, tatapi lebih dari itu adalah mitra Pemerintah untuk memastikan pelayanan itu berjalan baik sehinga mendukung tujuan  pembangunan sehingga Ombudsmen terbuka sekali kepada pemerintah”. Sebutnya.

 

“Masyarakat kurang puas bisa melapor ke Ombudsmen intinya terkait mal praktek administrasi dari penyelenggaraan Negara dan penyelenggara pemerintah  apa yang mereka lakukan itu adalah pelayanan publik, misalnya melakukan diluar kewenangan, melakukan tindakan yang sewenang-wenang”. Pungkasnya. (hms/nto)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)