Polri dan TNI Bantu Pemakaman PDP dengan Cara Covid-19 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 Mei 2020

Polri dan TNI Bantu Pemakaman PDP dengan Cara Covid-19

FOTO : Polri dan TNI bersinergi bantu pemakaman PDP Covid-19 yang meninggal dunia. Pemakaman dilakukan protokol kesehatan.

MURUNG RAYA, SUARAKPK - Polres Murung Raya (Mura) bersama TNI bersinergi dalam membantu pemakaman salah satu warga setempat berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lowu Tatau, Desa Tahujan Ontu, Kecamatan Tanah Siang Selatan, Kabupaten Murung Raya, Provinsi Kalteng pada Minggu (10/05/2020) pukul 14.00 WIB.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Rapidtes yang sempat dilakukan oleh RSUD Puruk Cahu  alamrhum dinyatakan Reaktif. Namun belum sempat dilakukan uji Swab, status korban merupakan ODP dengan metode karantina mandiri di rumahnya selama empat hari, selanjutnya setelah dirujuk ke RSUD Puruk Cahu status menjadi PDP.

Pada pukul 13.25 WIB pihak rumah sakit menyatakan korban telah meninggal dunia di RSUD Puruk Cahu dengan riwayat sakit paru paru (dengan sesak nafas akut). Selanjutnya jenazah dilakukan pemulasaran di kamar jenazah dengan SOP penanganan jenazah pasien Covid -19. 

"Tugas untuk membantu dan mengamankan proses pelaksanan pemakaman sampai dengan tuntas, mari kita bahu membahu, tolong menolong dalam menangani Covid-19 ini". Kata Kapolres Mura AKBP Dharmeshwara Hadi Kuncoro SIK.

Kapolres Mura mengatakan, selama proses pemakaman dilakukan oleh tim khusus penanganan jenazah covid -19 Kab. Mura sebanyak 10 orang yaitu dari TNI Kompi C 631 Antang Puruk Cahu sebanyak 6 orang dan Personel Polres Mura sebanyak 4 orang. 

"TNI bersama Polri hadir disini, memastikan pelaksanaan berjalan baik, dan langsung ikut serta dalam pelaksanaan pemakaman karena di beberapa wilayah dan daerah terjadi penolakan dari masyarakat untuk pemakaman warga yang PDP, atau positif Covid-19 maupun orang dalam pemantauan (ODP)". Kata Kapolres.

Menurut AKBP Dharmeshwara, hal itu karena kurang pemahaman terhadap Covid-19, warga menjadi takut ketika dikuburkan menjadi sumber penyebaran penyakit.
Dia menjelaskan, tim pemakaman telah menggunakan APD Level 3/APD lengkap dan sebelum pelaksanaan kegiatan telah diberikan arahan dari petugas kesehatan RSUD Puruk Cahu tentang tata cara pemakaian dan pelepasan APD Level 3 serta teknis pembersihan diri menuju rumah. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)