Ketua komisi 1 DPRA Tengku Yunus kunjungi lapas Idi Rayeuk - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 Mei 2020

Ketua komisi 1 DPRA Tengku Yunus kunjungi lapas Idi Rayeuk

Aceh Timur/suarakpk com – Ketua 1 Dewan perwakilan rakyat Aceh (DPR-Aceh). Tengku Muhammad Yunus dari Fraksi Partai Aceh (PA) beserta rombongan mengunjungi Rumah Tahanan Negara Klas IIB Idi Rayeuk, kabupaten Aceh Timur,Senin (11/5).

Dalam kunjungannya ketua komisi 1 DPRA kelapas Kelas IIB Idi Rayeuk yang membidangi hukum tersebut juga hadir wakil ketua komisi I DPRK Aceh Timur Ibrahim atau yang lebih dikenal dengan nama panglima Odon.diterima langsung oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan,Eka Priyatna,Bc,IP, SH,M,Si.Selasa (12/5/2020).

Didampingi pejabat structural beserta staf.
Kegiatan diawali dengan laporan penerimaan dan dilanjutkan dengan Rapat diskusi di ruang Kepala Rutan Idi Rayeuk. Diskusi berlangsung interaktif antara Petugas dan Ketua komisi 1 DPRA.

Dalam kunjungan tersebut ketua Komisi 1 DPR Aceh Tgk Muhammad Yunus melakukan monitoring terhadap langkah- langkah apa yang sudah dilakukan pihak Lapas Idi termasuk kendala dan hambatan di lapangan dalam upaya mencegah dan memutus rantai penyebaran Covid 19.

Kepala Rutan Idi,Eka Priyatna,Bc,IP, SH,M,Si Kepada tengku Yunus,menyampaikan gambaran umum Rutan Idi Rayeuk. kondisi riil Alhamdulillah merupakan rutan dengan wilayah bebas dari pelanggaran handphone dan narkoba ia juga menyampaikan sejumlah capaian dan kendala dalam mencapai target kinerja tersebut.

“Alhamdulillah untuk pertama kalinya,Rutan Idi Rayeuk berkesempatan dikunjungan oleh anggota parlemen, Wakil Rakyat putra terbaik Aceh Timur, tentu saja kunjungan ini akan menambah semangat kami dalam memberikan pelayanan dan melaksanakan tugas pokok sesuai dengan target kinerja masing-masing,” Ujar Eka

Ia turut menyampaikan sejumlah program terkait revitalisasi pemasyarakatan.
Minimnya sarana prasarana yang ada di Lapas Idi sehingga pihaknya tidak memiliki ruang karantina bagi Napi yang sakit bahkan Lapas Idi sampai saat ini belum memiliki kendaraan Ambulance untuk menunjang kebutuhan medis bagi Napi,Ujar Kalapas Idi.

"kami juga mempunyai program unggulan untuk mengintegrasikan Warga Binaan Pemasyarakatan melalui pondok asimilasi sesuai harapan revitalisasi pemasyarakatan, nantinya napi semua akan dibina dan diberikan keterampilan- keterampilan lain serta juga langsung berbaur dengan masyarakat,oleh karenanya perlu dukungan terutama armada yang memadai dan kondisi bangunan yang semestinya bisa direlokasi,”katanya

Menanggapi apa yang disampaikan Kepala Rutan, Tengku Muhammad Yunus atau yang akrab disapa Abon Idicut sapaan menyambut hangat sejumlah masukan dan gambaran umum yang disampaikan.

“Kita semua sudah tahu seluruh lapas overkapasitas termasuk disini, sekaligus kita membuktikan fakta dilapangan seperti apa, sejumlah catatan akan kami teruskan, kami dorong nanti menteri Hukum dan Ham terkait relokasi lapas, prasarana armada penunjang pembinaan, termasuk juga kami dorong pemerintah untuk menyediakan jaminan kesehatan.

Tengku Yunus menambahkan, jika dirinya juga sangat mengapresiasi jajaran petugas rutan Idi Rayeuk akan program pembinaan, wilayah yang minim pelanggaran hp dan narkoba.

“Selain itu saya terksesan program humanity dalam menjalakan tugasnya menyisihkan infak untuk memberikan layanan kesehatan dan pembinaan keagamaan, hal ini mesti diapresiasi agar berimbang sehingga menghilangkan kesan negative yang ada di lapas lain selama ini, Pungkas Tengku Yunus.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)