Antisipasi Wabah Corona, Desa Kutuan Giatkan Posko Covid-19 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Mei 2020

Antisipasi Wabah Corona, Desa Kutuan Giatkan Posko Covid-19

BLORA, suarakpk.com – Upaya pencegahan penularan wabah virus Corona tidak hanya diperbatasan antar kota, tetapi dilakukan kewaspadaan dan antisipasi di pedesaan.
Seperti yang terlihat, Senin (11/05), bersama komponen masyarakat desa, PKK, lembaga desa, Karang taruna, Babinsa, Babinkamtibmas, Pemerentah Desa Kutuan, Kecamatan Randublatung, Kabupaten Blora Jawa Tengah bersatu padu untuk pencegahan dan penanggulangan virus covid 19.
Sebagaimana dituturkan oleh Ketua Penggerak PKK Desa Kutuan, Elvi Sukesi bersama petugas jaga posco, berpesan kepada pendatang, pemudik terutama dari Jakarta, Surabaya, Bali, Semarang,
untuk melaporkan diri di posco dusun maupun Posco covid, 19 Desa Kutuan, dan diperiksa di Puskesmas Kutuan supaya dicek tentang kesehatan dirinya.
“Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran virus covid 19,” tuturnya
Dikatakan, Elvi, bahwa Kecamatan Randublatung telah masuk zona kuning, sehingga dirinya tiap hari memantau Posco sekaligus memberikan semangat kepada satgas covid 19 desa Kutuan dalam menjalankan tugasnya demi mencegah penularan, penyebaran, dan pencegahan covid 19.
“Saat pemantauan di desa Kutuan, Siti (19) warga dukuh Kutuan, yang bekerja di Semarang, saat dia pulang kampung, telah melapork posco covid 19 di balai desa, juga didata dan dites suhu badannya, normal,35'c, alasan pulang karena gak kerja disemarang, dan terpaksa pulang kampung,” ujar Elvi.
Lebih lanjut, Elvi mengungkapkan, sepulangnya Siti dari Semarang, ia disarankan oleh tim satgas covid 19 desa Kutuan, untuk mengisolasi diri 14 hari, dan menghindari contak langsung dengan anggota, keluarga saat, diam di rumah sementara.
Sementara, Kepala Desa Kutuan, Muradi, mengungkapkan, dukungannya kepada  masyarakat desa dan Tim yang dengan kesadaran masing-masing melakukan antisipasi, penyemprotan secara berkala, berkelompok per dukuh.
“Agar masyarakat desa kami tetap terjaga dan terhindar dari penyebaran virus Corona,” ucapnya.
Muradi juga menghimbau, warga desa yang saat ini ada di luar daerah, lebaran tahun ini, untuk tidak mudik dulu, hal tersebut, lanjutnya, untuk memutus rantai penyebaran Virus covid 19 ini.
“Agar masyarakat tidak keluar rumah atau bepergian keluar kota jika tidak mendesak. jaga kesehatan dengan selalu membersihkan atau cuci tangan dengan sabun dan air mengalir,” himbaunya.
Ditandaskan Muradi, sampai saat ini warganya yang sudah mudik ada 218 data sampai minggu, (10/05) itu yang melaporkan di posco satgas covid 19.
“Untuk jaga bergilir, tiap hari mulai jam 07.30,sampai jam 15.00,” pungkasnya. ( Dwi/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)