FBMM Siap Promosikan Pariwisata Daerah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


RATAS Tentang Kelonggaran Angsuran Kredit

SUARA MERDU KAPOLRI

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

20 Maret 2020

FBMM Siap Promosikan Pariwisata Daerah

FOTO: Bupati Gumas Jaya S Monong didampingi Plt Kepala Disbudpar Doni saat memimpin rapat pembahasan FBMM.

GUNUNG MAS, SUARAKPK – Dalam waktu dekat ini, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) akan menggelar Festival Budaya Mihing Manasa (FBMM) tahun 2020. Berbagai persiapan telah dilakukan, termasuk melakukan rapat dengan Bupati Gumas, seluruh camat dan Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) terkait.

“Dalam memeriahlan FBMM kami ingin semua kecamatan dapat berpartisipasi diseluruh cabang lomba, yaitu memaksimalkan potensi yang dimiliki, berperan aktif dalam mendukung program smart tourism, serta mengembangkan dan mempromosikan sektor pariwisata". Sebut Bupati Jaya S Monong, Kamis (19/03/2020).

Selain itu kata Bupati, FBMM ini bertujuan untuk meningkatkan kerja sama dan kebersamaan dalam melestarikan seni dan budaya, melestarikan olahraga tradisional masyarakat Dayak, memperkenalkan kearifan lokal, wadah seniman untuk menampilkan kreativitas sehingga termotivasi untuk terus berkreasi dan berprestasi, serta sarana promosi budaya dan pariwisata.

"Kita harapkan penilaian FBMM sesederhana mungkin. Kepada mampu meninggalkan adat budaya yang kita miliki". Kata oramg nomor satu di Pemerintahan Gunung Mas ini.

Sementara, Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Gumas Dony menuturkan, cabang lomba dalam FBMM ini yakni pawai budaya, karungut putra putri, balogo putra putri, pakasak lamang, manyipet putra putri, lagu pop daerah putra putri, tari daerah, manjawet putra putri.

Selanjutnya, habayang putra putri, masakan tradisional, pemilihan putra-putri pariwisata, mangaruhi putra putri, mangenta, deder berpasangan, dayung tradisional putra putri, seni pencak silat membuka lawang sakepeng putra putri, serta maneweng, manetek, dan manyila kayu.

“FBMM dimulai pada 13-17 April 2020 dan diikuti oleh peserta dari 12 kecamatan. Acara kita pusatkan di Stadion Mini Kuala Kurun, GPU Damang Batu dan Sungai Kahayan. Sedangkan pembukaan digelar di Taman Kota, untuk penutupan di Stadion Mini Kuala Kuru". Katanya. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi