Bupati Terima Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

12 Maret 2020

Bupati Terima Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal

KATINGAN, SUARAKPK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan menerima Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal dari pihak Perlindungan Varientas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (RI). Daftar tersebut, untuk jenis tanaman padi lokal dengan nama Varietas Siranda.

Ini pun langsung diterima Bupati Katingan Sakariyas SE, ini atas acara Syukuran Panen Raya di Desa Subur Indah, Kecamatan Katingan Kuala, baru-baru ini. Selanjutnya, Bupati menyerahkan Tanda Daftar Varietas Tanaman lokal itu kepada Kepala Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Katingan, Yossy.

Pemberian Tanda Daftar Varietas Tanaman Lokal kepada Pemkab Katingan ini, berdasarkan Undang-undang Nomor 29 Tahun 2000 tentang perlindungan varietas tanaman. Selain itu, Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2004 tentang penamaan, pendaftaran dan penggunaan varietas asal untuk pembuatan varietas turunan esensial.

Kemudian, Peraturan Menteri Pertanian Nomor 01 Tahun 2006 tentang syarat penanaman dan tata cara pendaftaran varietas tanaman. Dengan demikian, varietas tersebut telah terdaftar di Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian RI serta menjadi milik masyarakat Katingan.

Menaggapi hal ini, Bupati menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak terutama kepada petani di wilayah Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala. Pasalnya, dua wilayah tersebut merupakan tempat produksi terbanyak atau lumbung padi di Kabupaten Katingan.

“Ini adalah salah satu bukti, bahwa Kabupaten Katingan terutama di wilayah Kecamatan Mendawai dan Kecamatan Katingan Kuala sebagai pusat pertanian padi terbesar ke tiga se-Kalimantan Tengah. Tentunya, hal ini harus terus kita tingkatkan lagi". Katanya.

Menurut dia, pemerintah menjadikan sektor pertanian sebagai program strategis nasional yang dilaksanakan guna mewujudkan swasembada pangan. 

“Hal ini tentunya sangat sejalan dengan program pemerintah Kabupaten Katingan menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu andalan. Ini juga, sesuai dengan misi Kabupaten Katingan yakni meningkatkan perekonomian yang berdaya saing dan kemandirian". Pungkas Bupati Sakariyas. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)