Mantan Caleg PDIP Harun Masiku Hampir Sebulan Diburu KPK - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

03 Februari 2020

Mantan Caleg PDIP Harun Masiku Hampir Sebulan Diburu KPK




JAKARTA, suarakpk.com – Keberadaan Caleg PDIP Harun Masiku yang telah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan suap terkait proses Pergantian Antarwaktu (PAW) Anggota DPR tahun 2019-2024, hingga saat ini belum juga ditemukan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Sedangkan pencarian keberadaan Harun Masiku sudah hampir sebulan, lembaga antirasuah terus mengklaim masih terus memburu keberadaan.
Plt Jubir KPK Bidang Penindakan, Ali Fikri kepada media, Minggu (2/2/2020), menuturkan, sampai saat ini belum ada perkembangan yang signifikan terkait keberadaan Harun.
"Kami masih terus mencari tersangka HAR, Nanti kalau ada update pasti saya kabari " ucap Ali Fikri.
Dirinya mengklaim, KPK bersama aparat kepolisian masih terus berupaya dengan berbagai cara untuk membekuk Harun. Lembaga Antirasuah, kata Ali, optimistis penangkapan terhadap Harun hanya persoalan waktu.
"Ini soal waktu kapan kami bisa menemukan yang bersangkutan dan menangkap serta membawa ke KPK untuk dimintai pertanggungjawaban secara hukum," katanya.
Ali menambahkan, untuk memaksimalkan upaya pencarian Harun, KPK memajang informasi Daftar Pencarian Orang (DPO) Harun pada website KPK (https://www.kpk.go.id/id/dpo/1465-dpo-harun-masiku)
KPK, lanjut Ali, berharap partisipasi masyarakat yang memiliki informasi keberadaan Harun untuk dapat melapor kepada aparat penegak hukum terdekat.
"Atau bisa langsung menghubungi KPK melalui telpon kantor atau call center KPK di 198," tambah Ali.
Sementara, Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana menilai, ketika pimpinan KPK tidak berhasil menangkap Harun Masiku, maka bisa disebut kinerja KPK menurun. Menurutnya, selama ini kita mengenal KPK kerjanya cepat tetapi justru ini Pimpinan KPK percaya-percaya aja kata-kata dari Kementerian Hukum dan HAM.
“Kan itu harusnya diverifikasi lebih lanjut bahkan beberapa waktu waktu lalu, Firli tegas sekali mengatakan “ya kalau anda tau di mana kasih tau saya”, loh kan penegak hukumnya dia, jadi ini makanya kami nilai dia (Firli) belum paham betul bagaimana kinerja KPK selama ini," kata Kurnia.
Terpisah, staf pribadi Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) Ossy Dermawan, angkat bicara terkait keberadaan kader PDI Perjuangan Harun Masiku yang kini masih berstatus sebagai buronan KPK. Keberadaan Harun hingga kini masih misterius setelah ditetapkan sebagai tersangka kasus suap penetapan PAW anggota DPR RI yang melibatkan eks Komisioner KPU, Wahyu Setiawan.
Baca Juga : Ronny Sompie : Saya Tidak Berbohong Dan Merekayasa Informasi Tentang HM
Melalui akun Twitter pribadinya, Ossy meminta masyarakat terus mengawal kasus suap ini terutama soal keberadaan Harun yang kini masih berkeliaran karena belum tertangkap KPK.
"Di sisi lain, kami juga harus tetap mencari Harun Masiku agar kasusnya menjadi terang benderang. Jangan sampai Harun Masiku "dihilangkan” sehingga kasus turut lenyap," kata Ossy dalam akun Twitternya @OssyDermawan pada Senin (27/1/2020).
Ossy mengingatkan kepada masyarakat agar tidak melupakan tersangka kasus suap dari partai PDIP Harun Masiku yang hingga kini masih buron.
Sebagaimana dikabarkan, dalam perkara itu, KPK menetapkan Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan 3 tersangka lainnya yakni mantan Anggota Bawaslu Agustiani Tio Fridelina, mantan Caleg PDIP Harun Masiku, dan Saeful pihak swasta. (red*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)