Muna Cetak 200 Lahan Sawah di Tahun Ini - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Januari 2020

Muna Cetak 200 Lahan Sawah di Tahun Ini




MUNA, Suarakpk.com - Kabupaten Muna terealisasi percetakan lahan sawah seluas 200 hektar dari Kementrian Pertanian. Lokasinya masih di seputaran Desa Bente, Kecamatan Kabawo. Jumlah lahan tersebut meningkat dibanding tahun 2019 lalu yang hanya 100 hektar dengan lokasi yang sama.

Ogo Atfal, Kabid Prasarana, Sarana dan Penyuluhan Dinas Pertanian Muna Mungatakan, cetak sawah 200 hektar itu diperuntukan buat 160 petani yang dibagi dalam bentuk 4 kelompok. Pengerjaannya diswakelola oleh TNI melalui Korem. Hanya saja, belum diketahui pasti berapa total anggaran pekerjaan itu yang dananya bersumber dari APBN. Sebab, Petunjuk Operasional Kegiatan (POK) itu belum sampai ke pihak Dinas Pertanian Muna.

"Insha Allah bulan tiga sudah mulai jalan," aku pria yang akrab disapa Ogo ini saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020).

Ketersediaan lahan di Desa Bente cukup luas untuk lokasi cetak persawahan. Saat ini masih ada sekitar 318 hektar yang siap diolah. Selain itu potensi aliran airnya juga sangat baik. Makanya, wilayah tersebut kembali mendapat realisasi percetakan sawah.

"Pemanfaatannya untuk penanaman padi sawah, sama seperti tahun lalu," sebutnya.

Ogo juga menerangkan, pemanfaatan sawah yang telah dicetak tahun lalu dengan total anggaran Rp 1,6 Milliar, sudah berjalan mulus.

"Sudah termanfaatkan," tandasnya. (Randy Yaddi).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)