Gubernur Pantau Gedung GSP Diskominfo Kalteng - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

28 Desember 2019

Gubernur Pantau Gedung GSP Diskominfo Kalteng

PALANGKA RAYA, SUARAKPK - Pada Kamis (26/12/2019) Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran sambangi Gedung Smart Province (GSP) yang dikelola oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Diskominfo) Kalteng di Jalan Tjilik Riwut Km. 3,5.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini mengecek berbagai fasilitas dan aplikasi yang berada di GSP, diantaranya pemasangan kamera CCTV yang dimulai sejak tahun 2017 secara bertahap hingga tahun 2019.

Sebanyak 84 CCTV telah terpasang di 7 kabupaten dan 1 kota yang ditempatkan pada Kantor Samsat dan lokasi-lokasi strategis/publik area, untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat (memberikan rasa aman dan nyaman) serta dapat membantu pemerintah, kepolisian dan pihak terkait untuk lebih cepat mengambil tindakan/keputusan terhadap kejadian-kejadian di lapangan.

Integrasi CCTV juga telah dilakukan dengan CCTV milik Pemkab Kotim sebanyak 25 CCTV dan Pemkab Pulang Pisau sebanyak 10 CCTV dan saat ini sedang progress integrasi CCTV milik Pemkab Gunung Mas, Pemkab Katingan, Pemkab Barito Utara dan Kota Palangka Raya dengan total kurang lebih 150 CCTV, yang nantinya semua dapat di akses melalui ruang Command Center GSP Kalteng.

"Direncanakan kedepannya akan dikembangkan menjadi CCTV Artificial Inteligence guna mendeteksi jumlah kendaraan, plat nomor kendaraan dan pajak kendaraan bermotor". Kata Gubernur.
Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Pemprov Kalteng melalui Diskominfo telah membangun beberapa aplikasi e-government, baik aplikasi antar OPD maupun aplikasi pelayanan publik sejak tahun 2017 dan terus dilakukan pengembangan termasuk integrasi dan interoperabilitas sistem.

Turut hadir Sekretaris Daerah Kalteng Fahrizal Fitri, Kepala Diskominfo Kalteng Herson B. Aden, Inspektur Kalteng Sapto Nugroho H.W, serta sejumlah Kepala Perangkat daerah terkait lainnya.

Pemprov Kalteng juga telah melakukan pemasangan Jaringan Fiber Optic (FO) sepanjang 34 Km yang terhubung ke 43 OPD di lingkungan Prov. Kalteng dengan kecepatan 1 GigaBytes, digunakan untuk efisiensi dan efektifitas proses bisnis Government to Government (penggunaan aplikasi pemerintah e-planning, ebudgeting, e-monev,dan lain-lain), sehingga meminimalisir penggunaan internet, penghematan cukup besar untuk biaya internet dan pelayanan semakin capat kepada masyarakat.

Data Center Kalteng berstandar tier 2, sistem listrik 2 sumber (PLN dan Genset), menggunakan 3 penyedia jasa internet, memiliki sistem pendingin khusus (PAC), sistem pemadam kebakaran khusus (tidak merusak perangkat elektronik), memiliki ruang penyimpanan (storage) 200 TB, dan memiliki IP Publik sendiri sebanyak 512 IP Publik.

Data Center ini diperuntukkan sebagai media penyimpanan data dan proses integrasi berbagai aplikasi e-govermant dan menjadi pusat hosting aplikasi atau website Pemprov. Kalteng dan juga support untuk kabupaten/kota se - Kalteng.

Pemprov Kalteng juga telah memiliki sarana publikasi dengan videotron yang terdapat di 3 lokasi yaitu Palangka Raya, Kapuas dan Sampit sebagai salah satu media publikasi visual dalam penyebarluasan informasi kepada masyarakat tentang kemajuan pembangunan di Kalteng. (Nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)