Pelajar Papua Ikut Lomba Di Polres Purworejo - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

04 September 2019

Pelajar Papua Ikut Lomba Di Polres Purworejo


PURWOREJO, suarakpk.com - Aneka kegiatan perlombaan memperingati Hari Jadi Polwan ke 71, Selasa (3/9/2019) digelar Polres Purworejo. Dalam perlombaan tersebut, Polres juga mengundang sejumlah pelajar asal Papua yang mengenyam pendidikan di Purworejo, untuk ikut serta dalam acara ini.
Kapolres Purworejo AKBP Indra K Mangunsong SH SIK MSi mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk mempererat silaturahmi anggota Polri.
“Momentum kegiatan  olahraga bersama ini menjadi sarana untuk mempererat persaudaraan,ucapnya kepada media, disela kegiatan,” tutur AKBP Indra.
Adapun dilibatkannya pelajar Papua dalam acara tersebut, katanya, untuk menunjukkan bahwa masyarakat Kabupaten Purworejo sangat menghargai perbedaan. Mereka, lanjut Kapolres, adalah bagian yg tak terpisahkan dari Bangsa Indonesia.
“Polres Purworejo memiliki kewajiban melindungi seluruh masyarakat Indonesia yang tinggal dan beraktivitas di wilayahnya. Tugas polisi mengayomi, siapapun itu, dari suku manapun, semua sama. Tidak ada perbedaan dan diskriminasi,” tegasnya.
Pantauan di lapangan, beberapa yang diperlombakan diantaranya, masak nasi goreng dengan peserta polisi laki-laki, estafet tepung, membuat kumis untuk polwan dan bhayangkari, memakai lisptik untuk polisi laki-laki, lomba menghisap tablet vitamin dan lomba melepas karet. Anggota juga melaksanakan olahraga bersama.
Sementara, tiga pelajar yang berasal dari Merauke yang menuntut ilmu di SMA Bruderan Purworejo dan duduk di kelas XII. Ketiga pelajar tersebut mengaku senang dilibatkan dalam kegiatan di Mapolres Purworejo.
“Senang ikut kegiatan bersama polisi, saya ikut lomba masak nasi goreng, melepas karet dan lomba hisap tablet vitamin, kami semua senang,” ujar pelajara dari Merauke.
Salah seorang pelajar papua bernama Febriano menambahkan mereka tidak pernah mendapat perlakukan diskriminatif dan rasial selama berada di Purworejo atau saat di tempat saudaranya di Yogyakarta.
“Selama ini nggak pernah diejek, teman kami sangat menerima perbedaan, tidak merasa dikucilkan. Kami jadi saudara bagi mereka,” ucap Febriano
Para pelajar tersebut berharap, seluruh masyarakat Indonesia bisa menghargai perbedaan dan bisa bertoleransi. Indonesia, katanya, terdiri atas banyak suku bangsa.
“Saya ingin Papua yang damai, juga jangan ada lagi tindakan rasisme di seluruh Indonesia,” harapnya. (bams/yos/red)

Lihat Videonya :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)