Ratusan Siswa Ikuti meriahkan Pesta PAI di Aceh Timur - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

03 Agustus 2019

Ratusan Siswa Ikuti meriahkan Pesta PAI di Aceh Timur

Idi Rayeuk - Ratusan siswa SD,SMP SMA/ SMK mengikuti kegiatan Pekan Keterampilan dan Seni (Pentas) PAI antar siswa se-Kabupaten Aceh Timur.Acara tersebut dipusatkan di Kantor Kemenag Aceh Timur, Sabtu (03/8/2019). Melalui kegaitan itupun, diharapkan bisa terbentuk generasi millenial yang berkarakter religius dan nasionalis. Acara tersebut berlangsung selama satu hari penuh.

Ketua penyelenggara Pentas PAI Bapak Faisal S.Ag yang juga menjabat sebagai Kasi PAIS menyebutkan bahwa ada 164 peserta yang megikuti kegiatan tersebut.

 Menurutnya, terdapat 10 mata lomba yang ditandingkan yaitu yaitu Musabaqoh Tilawatil quran (MTQ),Lomba Pidato PAI (LP-PAI),Musabaqah Hifdzil Qur’an (MHQ), cerdas cermat PAI (LCC-PAI),kaligrafi Islam (LKI),Seni Nasyid (LSN),debat PAI (LD-PAI),Kreasi Busana (LKB),Penulisan Cerita Remaja Islami (Ceris) dan Lomba Penulisan Karya Ilmiah Remaja PAI (KIR-PAI).

“Sesuai dengan tema, “Mendidik dengan Hati,Membentuk generasi Qur’ani,Mandiri dan cemerlang dalam berprestasi”,,” kata faisal disela-sela kesibukannya kepada Humas Kemenag Aceh Timur.

Menurutnya, era revolusi industri 4.0 menjadi tantangan tersendiri yang dihadapi siswa sebagai generasi millenial. Melalui Pentas PAI, mereka dapat menyalurkan potensi dirinya yang dibingkai dengan karakter religius dan nasionalis, sehingga mampu bersaing di tingkat global.

“Maka dari itu pembentukan potensi peserta didik yang berkarakter religius dan nasionalis dinilai penting,” kata Faisal.

Faisal menambahkan, kegiatan yang dihadiri juga oleh Para kepala seksi/penyelenggara, Ketua Asosiasi Guru PAI Indonesia (AGPAII) Aceh Timur, KKG, MGMP, para pengawas, dewan hakim, panitia, guru pendamping serta ratusan peserta itu tidak semata sebagai ajang lomba, tetapi dijadikan ajang silaturahmi antar siswa juga guru-guru PAI SD,SMP,SMA dan SMK se-Aceh Timur.

Sementara itu untuk semua jenjang SD,SMP atau pun dinas pendidikan Provinsi Aceh untuk jenjang SMA/SMK yang telah melalui tahapan seleksi diwilayah UPTD untuk tingkat SD sedangkan untuk tingkat SMP maupun SMA/SMK seleksinya dibagi dalam 3 wilayah.

Lebih Lanjut faisal menambahkan untuk untuk semua wilayah UPTD megirim seluruhnya 4 cabang lomba,dengan jumlah 9 peserta disetiap-tiap UPTD dengan total seluruh UPTD sebayak 69 orang.

Sementaraitu untuk jenjang SMP dibagi menjadi 3 Jona,yaitu Zona Timur,Zona Tegah dan Zona Barat dengan 5 mata lomba dengan total peserta untuk 3 zona 30 peserta,sedangkan untuk jenjang SMA/SMK juga menggunakan sistem Zonasi,yaitu zona Timur,Zona tegah dan Zona Barat dengan jumlah peserta 65 peserta.

Menurut Faisal, pelaksanaan pentas PAI ini benar-benar bukan hanya sekedar hiburan, tapi untuk mencari prestasi yang ke depannya akan mewakili Kabupaten Aceh timur di tingkat provinsi Aceh.(Dedi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)