Kades Desa Blerong Berharap Pemkab Demak Perhatikan Embung Desa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

08 Juli 2019

Kades Desa Blerong Berharap Pemkab Demak Perhatikan Embung Desa


DEMAK, suarakpk.com - Embung desa merupakan satu dari empat program prioritas dana desa. Pemerintah mengalokasikan Rp 200 juta-Rp 500 juta untuk pembangunan per unit embung desa yang berfungsi sebagai sarana pengairan, menanggulangi banjir dan sebagai obyek wisata desa. (Baca Juga : PT. JNI Diduga Ingkar Janji, Warga Mororejo Kendal Ancam Demo)
Manfaat embung desa utamanya adalah untuk memenuhi kebutuhan air dan meningkatkan volume hasil pertanian. Jumlah musim panen pun bisa bertambah menjadi 2-3 kali dari biasanya. Saat musim kemarau, masyarakat pun bisa menggunakan embung desa sebagai sumber air.  (Baca Juga : Ketua PPWI Jateng, Apresiasi Kinerja Kasat Lantas Salatiga)
Embung desa juga bisa digunakan untuk budidaya perikanan dan ekowisata. . Airnya yang berwarna hijau jernih dan penataan lokasi embung yang rapi dan bersih menjadi daya tarik masyarakat.
Embung di Desa blerong kecamatan Guntur Kabupaten Demak, dengan luas 100x190 meter pun juga demikian. Lokasinya yang di tengah sawah menjadi daya tarik pariwisata bagi masyarakat sekitar. Maka harus menjadi perhatian khusus desa, Kabupaten maupun Provinsi untuk segera bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat banyak. (Baca Juga : Kapolres Demak Dikejutkan Oleh Ratusan Anggota TNI)
Kepala Desa Blerong yang bernama Sudarmono ditemui suarkpk.com beberapa waktu lalu, Selasa (2/7) di lokasi embun desa, ia menuturkan bahwa Embung yang terletak di desa Blerong sangat berguna di musim hujan dan kemarau.
"kalau di musim hujan bisa bermanfaat untuk mencegah banjir sedangkan di musim kemarau untuk persediaan pengairan persawahan dan juga bisa untuk pariwisata desa maka kalau di manfaatkan dengan baik sangat bermanfaat untuk masyarakat." tuturnya.  (Baca Juga : Pangdam IV : Pastikan Seleksi Catar Akmil Selektif dan Transparan)
Sudarmono berharap kepada pihak terkait, kabupaten maupun provinsi untuk segera membantu untuk penyempurnaan.
"dengan di buatnya beton atau talut biar tidak longsor dan pagar agar aman dari anak - anak dan fasilitas penunjang lainya." pungkasnya. (pungki/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)