Perpustakaan Cahaya Pustaka Desa Simbangjati Dapat Kunjungan Dari J-Power Jepang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

26 Mei 2023

Perpustakaan Cahaya Pustaka Desa Simbangjati Dapat Kunjungan Dari J-Power Jepang


BATANG, suarakpk.com - Perpustakaan Desa (Perpusdes) CAHAYA PUSTAKA Desa Simbangjati, Kecamatan Tulis, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mendapatkan Kunjungan dari Para petinggi dari perusahaan listrik dunia yang berasal dari Jepang yakni J-POWER yang menaungi PT. BHIMASHENA POWER INDONESIA (PT.BPI) kamis, (25/5/2023). 



Perpusdes CAHAYA PUSTAKA merupakan salah satu Program CSR dari PT. BPI yang berdiri Sejak tahun 2017, yang didirikan oleh Pemerintah Desa (PemDes) Simbangjati Bersama PT. BPI dan Coca cola Foundation dan masih aktif sampai sekarang. 

Hal tersebut diungkapkan Inayati selaku Sekretaris Desa Simbangjati yang sekaligus sebagai pengurus Perpusdes tersebut kepada suarakpk.com kamis, (25/5/2023) di kantornya.

Menurutnya dengan didirikannya Perpusdes dapat menumbuhkan minat baca buku terhadap anak, memberikan manfaat bagi warga Desa Simbangjati, dan membantu memberikan keahlian guna mendapatkan tambahan penghasilan keluarga bagi masyarakat.

"Dalam melaksanakan operasional Perpusdes Cahaya Pustaka Desa Simbangjati mendapat Bantuan dari PT. BPI dan juga dari APBDes Simbangjati, yang tentunya para pengurus Perpusdes menyusun Program Kerja selama satu tahun anggaran," Katanya.

Tidak hanya di gedung Perpusdes yang bergabung dengan kantor Kepala Desa saja, lanjut Inayati namun juga terdapat Pojok baca yang dititipkan ke Bimbel di setiap Dukuh, yang tentunya bertujuan untuk menumbuhkan minat baca kepada anak.

"Melaksanakan kegiatan Pelatihan Ketrampilan, seperti pelatihan membuat parcel hantaran, pelatihan ketrampilan memasak makanan sehat, bahkan sampai pelatihan rias pun ada di dalam program kegiatan tahunan Perpusdes Cahaya Pustaka," Imbuhnya.

Inayati juga menjelaskan, bahwa dalam bidang kesehatan Perpusdes Cahaya Pustaka mempunyai program Donor Darah, Sosialisasi Pernikahan Sehat Guna Pencegahan Stunting, Peningkatan Kapasitas Kader Posyandu dan masih banyak yang Lainya.

"Dalam pelayanan harian Buka dari jam 8 pagi sampai sore, fasilitas buku, jaringan WIFI gratis dan pelatihan komputer geratis tersedia di Perpusdes Cahaya Pustaka. Lebih dari 2.000 Eksemplar koleksi buku, dan tak kurang dari 200 pengunjung dalam satu bulan, jelasnya.

Selain itu Inayati juga mengatakan bahwa kegiatan tersebut sudah berjalan lebih dari 5 tahun, dan Perpusdes Cahaya Pustaka terbukti pernah menjadi salah satu dari 40 perpusdes terbaik se indonesia pada tahun 2018, yang di selenggarakan oleh PERPUSNAS dan Coca Cola Foundation do Joga pada saat itu.

“ Harapan kami adalah Bahwa dengan adanya Perpusdes Cahaya Pustaka Desa Simbangjati  akan menjadikan manfaat bagi warga masyarakat Desa Simbangjati, terutama untuk mengembalikan kecintaan anak terhadap buku” pungkasnya. (Heru/red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)