DD Banyak Untuk BLT Menghambat Pembangunan Desa Doplang Jati Blora - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

02 Oktober 2022

DD Banyak Untuk BLT Menghambat Pembangunan Desa Doplang Jati Blora

BLORA, suarakpk.com - Musrenbang di  pendopo balai desa Doplang Sastro Redjo, Musrenbangdes (Rkpdes) Doplang  di hadiri Camat Jati,Drs Muhari,kades Doplang Agus Supriyono, kasi PMD kecamatan Jati Siti Khasanah dan staf, tokoh masyarakat, tokoh agama, ketua BPD, LKMD, Babinsa serma Santoso, Babinkamtibmas Bripka Aris,tamu undangan yang lain. Pelaksanaan musrenbangdes Doplang dilaksanakan Beberapa hari lalu tepatnya, Selasa, (27/09/2022) pukul 10,00 wib. 

Dalam sambutannya kades Doplang Agus Supriyono ,"saya berterima kasih kepada semua undangan yang hadir di pendopo  desa Doplang  dan ketua BPD  bersama anggota, LKMD bersama anggota,serta kasi PMD kecamatan Jati  dan staf nya,".

Agus Supriyono menjelaskan,"bahwa dengan keterbatasan dana DD saat ini dirinya tidak bisa memaksimalkan program pembangunan desa, karena DD desa Doplang untuk BLT DD mencapai Rp 400 juta lebih, otomatis juga mengurangi pembiayaan program desa Doplang pihaknya tetep berupaya mencari dana pembiayaan pembangunan desa Doplang melalui dana bankiu kabupaten, Provinsi, Pusat, Aspirasi DPRD, DPRD provinsi, dan aspirasi DPR-RI, Perlu diketahui semua ini dilakukannya untuk kemajuan Pembangunan di desa Doplang, desa Doplang mempunyai wilayah yang luas,ada  8 dusun rata rata untuk tahun 2022 program prioritas jalan paving ,dan saluran irigasi.ya semoga di tahun depan DD tidak lagi untuk BLT DD, karena covid 19 sudah mereda,"jelasnya.

Agus Supriyono juga memohon dukungan doanya semoga lobi lobi di tingkat kabupaten, Provinsi,dan pusat untuk program  2023 bisa berhasil dengan baik,supaya pembangunan di desa Doplang bisa merata ditahun 2023," ungkapnya.

Agus Supriyono juga menjelaskan sebelum musrenbangdes (RKPDes) telah dilaksanakan Musdus dan usulan dari Musdus juga merupakan skala prioritas di tiap dusunnya bersama BPD,LKMD dan Kadus, pihaknya juga berkordinasi   untuk menempatkan program pembangunan di tahun  2023 dengan skala prioritas yang mendesak.

Sedangkan ketua BPD desa Doplang Heri Yulianto ,berpesan kepada kepala desa Doplang ,"untuk tetep memproritaskan, program yang sudah di sepakati atau memprioritaskan program 2022 yang belum terlaksana,bisa menjadi program mendesak yang harus dikerjakan di tahun anggaran DD tahun 2023 menjadi program skala prioritas,"pesannya.

Camat Jati Drs Muhari, "saya sangat berterima kasih kepada kades Doplang yang sudah semaksimal mungkin melobi kepada pihak,dinas terkait  untuk mendapatkan program ditahun 2022 dan  2023 nanti.dari.apa yang di jelaskan kades doplang sangat luar biasa perjuangannya untuk mendapatkan pendanaan pembiayaan dana program dari pemerentah maupun dari aspirasi dewan," jelasnya.

Muhari menambahkan untuk desa Doplang termasuk desa yang lunas bayar pajak 2022 sehingga nanti bersama desa lainya akan mendapat penghargaan dan tropi dari kabupaten,

dalam kesempatan ini Muhari menambahkan dengan viralnya beberapa desa diblora dengan adannya pemotongan BLT BBM Dan BLT DD,yang  dilarang dan gak boleh dengan dasar alasan apapun BLT,bansos aturannya gak boleh dipotong siapapun,dirinya berpesan kepada kades dan perangkat desa Doplang jangan sekali kali memotong atau minta sumbangan dari dana blt,bansos ini,karena ini bisa masuk kategori Pungli,"tambahnya.

Kasi PMD Siti Khasanah dalam  sambutannya menjelaskan,"kepada kades dan BPD serta undangan yang hadir bahwa pihaknya  sudah mengirimkan blangko 2 macam,yang berpungsi untuk memasukan semua program desa Doplang  berupa program fisik maupun non fisik  yang bisa didanai dari DD,bankiu,banprof,bantuan dari pusat (APBN) semua harus di masukan blangko yang dirimkan dari pmd kecamatan Jati dan dimasukan dalam RKPDes menjadi program prioritas maupun program tahun berikutnya semua harus terdata dan ini juga bisa untuk acuan  pelaksanaan, musrenbangdes, musdes tahun berikutnya supaya tidak hilang  dari rencana APBDes tahun berikutnya  nama program kalau bisa harus di munculkan, semua," jelasnya.

Khasanah menambahkan," untuk  data semua  BLT ,bansos,PKH, pihak desa segera mevalidasi data terbaru,mungkin penerima BLT /bansos,data lama 8/10 tahun lalu masih miskin(belum mampu) dan ditahun 2021/2022 sudah mampu(kaya) Harus di coret dan di ganti yang warga belum mampu,dengan melibatkan RT/RW,Kadus,dan tokoh masyarakat,ada,di dalam musdes,sehingga bisa diambil langkah terbaik untuk mengusulkan data pengganti penerima bansos, BLT tahun berikutnya.mungkin penerima BLT sudah meninggal dunia atau pindah tempat tinggal ,tetapi masih terima  hal seperti ini pihak desa juga harus segera  mevalidasi segera," tambahnya.

Khasanah mengingatkan kepada pihak desa Setelah data program masuk RKPDes  atas persetujuan BPD ,segera dibuatkan Perdes RKPDes  supaya tertip administrasi ya dan mempermudah ditahun berikutnya.

Untuk progran skala prioritas di tahun 2023 atas kesepakatan di forum Musdes ( Musyawarah desa) bersama BPD, telah nenyepakati program dan dibacakan Agus supriyono di hadapan tamu undangan yang hadir di antaranya Program Bankiu kabupaten skala prioritas untuk (1) dusun dukuhan berupa jalan paving di Rt 25. (2) dusun klatak RT 38 berupa jalan paving.

Sedangkan untuk skala prioritas dana banprop 2023 (1) didusun trembes RT 52 berupa jalan paving.(2) Didusun bulak gading RT 47 berupa jalan paving, (3) di dusun Ngasem RT 42 berupa jalan paving. (4) dusun klatak RT 39 berupa jalan pavinh. (5) dusun grogol TR 50 berupa jalan paving.

Sedangkan untuk skala prioritas dana DD 2023 Di alokasikan (1 ) lapangan garuda berupa urukan tanah lapangan, pavingisasi lingkungan lapangan sepak bola dan drainase pinggir lapangan garuda. (2) di dusun dukuhan RT 25 dan 28 berupa jalan paving. (3) dusun Doplang RT 11 berupa jalan paving. (4) urukan timbunan tanah depan SDN 4 Doplang. (5) gorong gorong di 4 titik di dusun Ngasem,Klatak, Trembes,Bulak gading setelah di bacakan Agus Supriyono dimintakan kesepakatan pwesetujuan BPD, LKMD, tokoh masyarakat, perangkat desa dan tamu undangan di dalam musyawarah desa,sepakat dan menyetujui apa yang dibacakan Kades Doplang menjadi kesepakatan keputusan bersama untuk menjadi program skala prioritas di desa Doplang di tahun 2023. ( Dwi / red).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)