Ribuan Warga Saksikan 25 Gunungan Dalam Rangka Kirap Budaya dan Sedekah Bumi Dukuh Klatak Desa Doplang - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

Iklan Inalum


 

02 Juli 2022

Ribuan Warga Saksikan 25 Gunungan Dalam Rangka Kirap Budaya dan Sedekah Bumi Dukuh Klatak Desa Doplang


BLORA, suarakpk.com - Masyarakat Dusun Klatak, Desa Doplang, Kecamatan Jati, Kabupaten Blora menggelar kirap budaya dalam rangka sedekah bumi. Jum'at, (01/07/2022).


Ada sekitar 25 gunungan yang berisi hasil pertanian asli masyarakat seperti jagung, padi, ketela macam macam aneka sayuran  dan buah buahan, jajan pasar,  yang tidak ketinggalan jajan khas sedekah bumi seperti Bugis, Nagasarisari, Tape ketan, Pasung semua dirangkai jadi satu di gunungan. Antusias warga dukuh klatak luar biasa semagat  gotong royong, dan kebersamaan. Arak-arakan kirab budaya dipusatkan di lapangan voly klatak kirab budaya dilepas kepala desa Doplang agus Supriyono.


Dalam sambutannya Agus Supriyono sangat berterima kasih kepada warga klatak yang dengan semangat kebersamaan dan gotong royong telah berhasil memecahkan rekor dalam sedekah bumi dan membuat 25 gunungan sebagai rekor  ditingkat kecamatan Jati mungkin juga di tingkat kabupaten blora.


Agus supriyono juga berterima kasih kepada warga dukuh Ngasem , Glonggong, Doplang, Bulakgading, Dukuhan  yang telah berpartisipasi  dalam ivent kirap budaya dan  sedekah bumi," Dengan sedekah bumi  kita melestarikan budaya peninggalan leluhur yang perlu kita lestarikan bersama di era globalisasi dan kemajuan teknologi  saat ini, sedekah bumi merupakan perwujudan rasa terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa dimana para petani sudah diberikan hasil panen yang melimpah dan warga nya juga bisa berbagi kepada warga lain. Semoga acara seperti ini ditahun depan bisa ditingkatkan lagi di wilayah desa Doplang karena bisa menarik wisatawan lokal", jelasnya.


kirap budaya dan pawai gunungan  star pertama dilepas kades Doplang pukul 13:30 wib. rute kirap budaya menyusuri jalan raya klatak ke timur dan putar dihalaman kec Jati kembali kejalan raya ke arah barat dan belok ke jalan dusun lagi dan finis di ngopati  jarak yang ditempuh 3.5 KM,yang merupakan situs cikal bakal dukuh klatak.begitu tiba di area panggung pusat kegiatan gunungan yang datang langsung diserbu ribuan warga yang sudah menanti berkah dari gunungan yang berisi hasil panen dan jajan pasar.


Wayem (55) RT 40/RW 05 warga dukuh klatak saat dikonfirmasi media suarakpk, sangat senang sekali baru kali ini sedekah bumi ada kirap budaya dan gunungannya banyak sekali baru kali ini dirinya baru menyaksikan acara semeriah ini.


Terpisah Wayem berharap,"semoga dengan sedekah bumi dan kirap budaya dan barongan kedepannya bisa dilaksanakan didukuh klatak lagi lebih meriah lagi", harapnya.


Setelah peserta selasai semua masuk finis dilanjutkan kenduren/syukura warga klatak dihalaman Ngopati.


Acara selanjutnya sebagai puncak  acara  sedekah bumi dukuh klatak hiburan kesenian persembahan  dari putra putri dukuh klatak dan beberapa grup kesenian dari desa Jati dan Doplang sebagai penutup acara.


Dari pantauan  media suarakpk.com dilapangan pelaksanaan kirap budaya dan  25 gunungan sedekah bumi dukuh klatak desa Doplang berjalan lancar saat menyusuri jalan raya Doplang atas kerja sama yang baik panitia pelaksana sedekah bumi,linmas dan anggota polsek jati polres blora dan personil Koramil 11/Jati, kodim0721/Blora. 


(Dwi /red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)