Kawasan Transmigrasi Muna Timur Masuk MasterPlan TSTP Kemendes Pdt dan Transmigrasi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

20 Oktober 2021

Kawasan Transmigrasi Muna Timur Masuk MasterPlan TSTP Kemendes Pdt dan Transmigrasi

MUNA, suarakpk.com - Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Aisyah Gamawati, membuka dan menghadiri Ekspose Laporan Akhir Penyusunan MasterPlan Trans-Science Technopark (TSTP) Kawasan Mutiara Kabupaten Muna Provinsi Sulawesi Tenggara.


Kepala Dinas Transmigrasi Muna, Fajaruddin Wunanto mengatakan kalau acara yang bekerjasama dengan Tim UGM tersebut diselenggarakan secara daring dan luring di Yogyakarta, Senin (18/10/2021) dengan dihadiri perwakilan Kementerian/Lembaga, Bupati Muna, Anggota Perguruan Tinggi Desa, Perwakilan UKE I di lingkungan Kemendesa PDTT, DPRD dan Dinas Transmigrasi Kabupaten Muna dan undangan lainnya. 


Acara kali ini sambung Fajaruddin Wunanto dimoderatori oleh Direktur Perencanaan Perwujudan Kawasan Transmigrasi. Direktorat Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi bekerjasama dengan Universitas Gajah Mada sedang menyusun Masterplan Trans Science Technopark, dengan pilot project Kawasan Mutiara Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Dalam RPJMN 2020-2024, Kawasan Mutiara merupakan salah satu target revitalisasi dari 52 Kawasan Transmigrasi Prioritas Nasional. Sebagai target kawasan prioritas nasional, Kawasan Mutiara harus didorong tingkat perkembangannya.


“Tindak lanjut pasca penyusunan masterplan TSTP ini menjadi roadmap untuk penyusunan action plan lebih lanjut seperti pembagian peran dan tugas antar stake holder, sebagai dasar perumusan dan penyusunan regulasi atau kebijakan (policy), penyusunan dokumen rencana teknis yang akan menjadi dasar dokumen pelaksanaan pembangunan, hingga perencanaan pengembangannya,” kata Fajaruddin Wunanto mengutip komentar  Direktur Jenderal Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Aisyah Gamawati.


Selain itu kata Fajaruddin, goals dapat diwujudkan dengan pendekatan metode SMART, target pekerjaan spesifik (specific), dapat terukur (measurable), dapat tercapai (achieveable), sesuai (relevant), dan memiliki batas waktu (timebound).


Tim UGM menjelaskan dalam paparan tentang Trans science technopark yakni Suatu kawasan transpolitan 4.0 terpadu yang merupakan kawasan ekonomi strategis tumbuh cepat dengan inovasi produk unggulan dan branding kawasan yang didukung oleh penelitian dan pengembangan yang dikelola secara kolaborasi pentahelix profesional, modern dengan menerapkan IT dan teknologi yang relevan


"Berdasarkan hasil produksi, jenis komoditas yang dominan, nilai ekonomi yang tinggi dan didukung dari hasil perhitungan LQ, dipilih 4 (empat) komoditas unggulan potensial, yaitu jagung, jambu mete, kelapa, dan sapi. Transmigrasi dan pertanian melahirkan 5 agro (Penta Agro TSTP Muna): agroproduksi, agroindustry, agroteknologi, agrobisnis, dan agrowisata,"jelasnya.

Beberapa rekomendasi yang dihasilkan antara lain, Pertama, Implementasi perencanaan TSTP Muna perlu dukungan kebijakan pemerintah daerah dalam pembangunan secara kolaboratif pentahelix.


Kedua, Pembangunan dapat dilakukan secara bertahap dimulai dari inovasi program budidaya pertanian unggulan (jagung, mete, kelapa, dan sapi), kemudian tahap sarana prasarana pendukungnya untuk program agroindustri dan agrobisnis.


Ketiga, Pembentukan organisasi pengelola TSTP dengan tugas dan fungsi utamanya membangun dan mengembangkan TSTP berdasarkan perencanaan yang dihasilkan


Bupati Muna, Rusman Emba, menyatakan dukungan terhadap pembangunan trans science technopark. Kaw Mutiara menyuplai Buton, Buton Utara, Bau-Bau dan Kendari terutama dalam komoditas sayuran.


Saat ini dikembangkan tambak udang di pesisir. Sudah ada transmigran yang melakukan alih teknologi ke masyarakat setempat.


“Aktivitas masyarakat dominan petani. Amdal siap dilaksanakan oleh dukungan APBD kabupaten di 2022,” kata Rusman. (Udin Yaddi)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)