Selain Bantu Pemerintah Imbau Prokes, Mahasiswa KKN-T UPR Juga Melakukan Pembinaan Kepada Masyarakat - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad



 


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

HUT RI ke 76 Th


 

14 September 2021

Selain Bantu Pemerintah Imbau Prokes, Mahasiswa KKN-T UPR Juga Melakukan Pembinaan Kepada Masyarakat

FOTO IST : Mahasiswa KKN Tematik Universitas Palangka Raya di Desa Lungkuh Layang berikan program terbaik untuk masyarakat setempat.


GUNUNG MAS, suarakpk.com – Dalam membantu pemerintah dan TNI-Polri mencegah penyebaran Covid-19, mahasiswa Universitas Palangka Raya yang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik atau KKN-T Periode II turun ke desa-desa.

 

Mereka melaksanakan KKN-T di Desa Lungkuh Layang, Kecamatan Timpah, Kabupaten Kapuas ini. Mereka langsung terjun ke masyarakat untuk menyampaikan imbauan mentaati protokol kesehatan secara langsung maupun, daring melalui menggunakan spanduk-spanduk atau poster.

 

Selain memberikan imbauan, mahasiswa ini juga membagikan masker dan pemasangan tong pencuci tangan serta pembagian cairan disinfektan kepada masyarakat di Desa Lungkuh Layang.

 

Tidak berhenti sampai disitu saja, mahasiswa-mahasiswa ini juga berupa hadir sebagai ujung tombak pemerintah yang sekarang ini memerlukan bantuan dalam terus mensosilisasikan disiplin protokol kesehatan.

 

Pelaksanaan program kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan keterampilan dari tujuan KKN-T Universitas Palangka Raya. Sebelum mahasiswa diberangkatkan ke Desa Lungkuh Layang terlebih dahulu mahasiswa diberi bekal pengetahuan dasar dan bersosialisasi dalam masyarakat. Sehingga ketika sudah berada di tengah-tengah masyakarat mahasiswa dengan mudah mentranfer ilmu yang telah didapatkan.

 

Adapun pelaksanaan program adalah : a) Sosialisasi kepada warga desa cara pembuatan disinfektan dan handsanitizer yang dibuat dengan bahan sederhana seperti alkohol, bayclin, aloevera gel, dan air bersih; b) Membuat poster dan spanduk guna untuk penyuluhan atau sosialisasi secara menyeluruh kepada warga Desa Lungkuh Layang untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan; c) Membuat meja untuk tong cuci tangan dan pembagian tong cuci tangan dan sabun disertai stiker cara mencuci tangan yang baik dan benar.

 

Selanjutnya, d) Melakukan pembagian paperbag kepada warga Desa Lungkuh Layang yang mana isinya dalam paperbag tersebut berupa masker, handsanitizer, dan disinfektan; e) Melakukan pembagian masker kepada warga Desa yang sering keluar masuk gerbang Desa.

Pelaksanaan program kerja KKN Tematik Periode II Universitas Palangka Raya tahun 2021 di Desa Lungkuh Layang diselenggarakan selama satu bulan, dari 5 Agustus sampai 5 September 2021. Dengan pelaksanaannya di Kota Palangka Raya dari tanggal 5 Agustus 2021 sampai tanggal 1 September dan di Desa Lungkuh Layang dari tanggal 2 September 2021 sampai tanggal 5 September 2021.

 

Sementara mahasiswa yang melaksanakan KKN-T di Desa Lungkuh Layang adalah Ragil Agustha Triadiputra, Ade Damara Gonggoli, Yolanda Elizabeth Natalia, Septiani, Citra Lestari, Bella Citra, Fhatra Adjie Muliami, Nurul Hafifah, Abdul Rasit, Risyanto, Renot Serpanus, Rita, Sri Irmawati, Pitra N Malau, Erikson dan Swandani Sibarani.

 

Ragil Agustha Triadiputra perwakilan mahasiswa mengatakan, program kerja yang telah berhasil dilakukan mereka adalah mengajarkan warga desa cara pembuatan disinfektan dan handsanitizer yang dibuat dengan bahan sederhana seperti alkohol, bayclin, aloevera gel dan air bersih; membuat poster dan spanduk guna untuk penyuluhan atau sosialisasi secara menyeluruh kepada warga Desa Lungkuh Layang untuk tetap mematuhi protokol kesehatan; membuat meja untuk tong cuci tangan dan pembagian tong cuci tangan dan sabun disertai stiker cara mencuci tangan yang baik dan benar.

 

Kemudian, lanjutnya, melakukan pembagian paperbag kepada warga Desa Lungkuh Layang yang mana isinya dalam paperbag tersebut berupa masker, handsanitizer, dan disinfektan; melakukan pembagian masker kepada warga Desa Lungkuh Layang yang sering keluar masuk gerbang Desa Lungkuh Layang yang tidak menggunakan masker.

 

“Secara keseluruhan kegiatan yang direncanakan untuk KKN-T dapat terlaksana dengan baik, meskipun ada beberapa kendala yang dihadapi oleh kelompok 143 Desa Lungkuh Layang dalam melaksanakan program. Namun kami berhartap apa yang sudah dilakukan bermanfaat untuk masyarakat disana,” tutupnya. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)