Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus SE M.Pd Pemateri PKKBM UMSU - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Oktober 2020

Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus SE M.Pd Pemateri PKKBM UMSU


Medan, suarakpk.com - Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus SE sebagai Pemateri pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru ( PKKBM ) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara bertempat di Aula Kampus UMSU Jalan Mukthar Basir Medan Sumatera Utara Selasa 13/10/2020.


Menurut Ilyas kegiatan ini sangat baik dimana lebih awal memperkenalkan kehidupan kampus serta norma-norma dalam kampus yang berlaku selama ini atau aturan yang akan disepati bersama.


Suka tidak suka, senang tidak senang, Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) /Belajar Dari Rumah (BDR) merupakan solusi terbaik dalam memastikan peserta didik semasa Pandemik tetap mendapatkan Pendidikan dan Pengajaran.  Sebut Kadisdik Batu Bara, saat mengawali paparannya terkait Merdeka Belajar dalam Pembelajaran di Masa Pandemik".


Menurut nya, kebijakan Merdeka Belajar, setiap orang harus memiliki kesempatan untuk mewujukan potensi dirinya semaksimal mungkin, karena tujuan pendidikan adalah untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, maka sesungguhnya bagaimana kita bisa memaksimalkan potensi, membangun kemandirian dan tidak menjadi beban dimasa depan.


Masih menurut Mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu, dalam kebijakan Merdeka Belajar , kita memberikan kebebasan bagi semua warga belajar, kebebasan tersebut bukan lah sesuka hati tetap ada aturannya, namun lebih memberikan kebebasan berinovasi, baik dalam idea, proses, pengembangan, kreatifitas, inspirasi, visi, pertumbuhan dan lainnya.


" Jadi biarkan peserta didik banyak tanya, banyak coba dan banyak karya. Itulah sesungguhnya Merdeka Belajar" tutur Ilyas.


Ilyas juga menyampaikan beberapa pengalaman selama bermitra dengan Tanoto Foundation yang salah satu turunan programnya adalah  *MIKIR*  yaitu Mengalami melalui melakukan kegiatan dan mengalami melalui observasi, Interaksi terkait proses pertukaran gagasan antar dua orang atau lebih dan Komunikasi  dalam proses penyampaian gagasan/pikiran maupun perasaan oleh seseorang kepada orang lain serta Refleksi yang merupakan proses memikirkan makna dari belajar yang dialami, baik yang terkait materi yang dipelajari maupun pengalaman belajarnya.


PJJ adalah pendidikan formal berbasis lembaga yang peaerta didik dan instruktur/guru bsrada di lokasi yang berbeda atau terpisah. Dengan demikian memerlukan sistem telekomunikasi interaktif untuk menghubungkan keduanya dan berbagai sumber daya yang diperlukan di dalamnya, lanjut Ilyas.


Oleh karenanya lanjut Kadisdik Batu Bara Peran kita semua harus bersama-sama membantu PJJ/BDR ini. Kampus, dosen, mahasiswa termasuk orangtua dan masyarakat sangat diperlukan dalam menyukseskan PJJ/BDR ini. 


Ilyas menyarankan, FKIP UMSU membantu menyiapkan pedoman bagi mahasiswa, orang tua maupun dosen untuk menyiapkan buku panduan/pedoman dalam PJJ/BDR.


Ilyas juga mengajak semua peserta baik yang bersama di ruangan maupun adek Mahasiswa calon pendidik pada masanya yang mengikuti melalui Virtual untuk mengambil Hikmah Positif dari si Covid ini.


Sementara, Dekan Fakultas Ilmu Keguruan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Dr. Elfriyanto, S. Pd., M. Pd mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung di kampus tercinta kepada para mahasiswa baru, calon  intelektual muda, para calon pemimpin bangsa dan pemimpin umat, calon guru serta wirausahawan yang profesional, bermoral dan bermartabat, sebutnya


" Selamat bergabung di FKIP UMSU ini, kami semua merasa sangat bangga, sangat senang dan juga terharu dengan kehadiran 528 lebih mahasiswa baru yang tersebar di 7 program studi yang ada di lingkunagn FKIP UMSU walaupun dimasa pandemik ni adek- adek tetap semangat untuk menggali ilmu pengetahuan di jenjang perguruan tinggi"  ucap dekan yang sangat enerjik ini.


Elfri sangat yakin kehadiran mahasiswa baru ini akan menjadikan FKIP UMSU semakin jaya, semakin maju dan semakin berkembang.


" Kami yakin para mahasiswa baru ini memiliki semangat yang tinggi dalam belajar, dalam mencari ilmu terutama ilmu-ilmu yang bisa mengantarkan kehidupan yang sejahtera dunia dan akhirat Serta menjadi guru guru yang berkarakter dan professional" kata nya semangat.


" Harapan saya adek adek semuanya nanti dapat mengikuti perkuliahan dengan baik walaupun dimasa pandemik ini" tambah nya.


Beliau juga mengatakan, Fakultas FKIP yang dipilih para mahasiswa baru akan mampu menjadikan mahasiswa yang Unggul, Cerdas dan terpercaya serta menjadikan mahasiswa yang disegani dan dihormati tidak hanya dilingkungan fakultas dan universitas tapi juga lingkungan masyarakat.


Bagi para tenaga pendidik dan kependidikan di Lingkungan FKIP UMSU ini saya mengajak kita semua memberikan sambutan dan layanan kepada mahasiswa baru sangat bermakna. Keramahan, kehangatan, senyum, dan ketulusan akan sangat menyentuh dan membuat mereka menemukan tempat belajar yang nyaman di FKIP UMSU kita ini. 


Turut hadir Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru ( PKKBMB ) Tahun Akademi 2020/2021 Wakil Dekan, Ka. Prodi, Sekretaris Prodi dan Civitas Akademis Dosen dan Tenaga Kependidikan/Administrasi di Lingkungan FKIP UMSU.


(575)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)