Peduli Warga Terdampak Covid-19, Kagama Kalteng Berbagi - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

23 Mei 2020

Peduli Warga Terdampak Covid-19, Kagama Kalteng Berbagi

FOTO: Masyarakat terlihat mengambil plastik berisi sembako dari kegiatan peduli sesama Kagama Kalteng bersama Kagamahut.

PALANGKA RAYA, SUARAKPK - Akibat pamdemi wabah Covid-19 di Indonesia, khususnya Provinsi Kalteng mempengaruhi perekonomian masyarakat, sehingga Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) Pengurus Daerah Kalimantan Tengah (Pengda Kalteng) tergerak untuk melakukan aksi sosial.

Ada berbagai aksi sosial yang sudah dilakukan Kagama Kalteng selama ini. Terbukti pada tanggal 21 April 2020 Kagama membagikan Alat Pelindung Diri (APD) bagi Tenaga medis. "Ada 50 unit Coverall (Baju APD), 50 buah Face Shield (Plastik pelindung muka) dan 400 buah Sarung Tangan Latex yang kita distribusikan untuk tenaga medis". Kata Koordinator Kegiatan Kagama Kalteng Mukti Aji SHut MSi, Sabtu (23/05/2020).

Mukti juga melanjutkan, pendistribusiannya sendiri ke Klinik Universitas Palangka Raya, Puskesmas Kayon, Puskesmas Jekan Raya Km 10, Puskesmas Menteng, dan RS Siloam. Tak sampai situ saja kegiatan sosial Kagama pun berlanjut yakni dengan mengambil tema Bakti Canthelan.

"Maksud Bakti Canthelan seperti falsafah tangan kanan memberi tapi tangan kiri tidak melihat, yang membutuhkan langsung ambil dari Canthelan". Ujarnya.

Pria yang menjabat Sekretaris Kagamahut Komda Kalteng itu pun menerangkan, untuk cantelannya sendiri sudah berlangsung sejak 12 Mei dengan dua lokasi. Yakni di Jalan RTA Milono Km 2,5 (Depan Kantor BPDAS-HL) dan di depan Kompleks Kehutanan Jalan Rajawali Km 5 (Perempatan Jalan Badak-Jalan Rajawali).

"Awalnya dua lokasi tersebut untuk Canthelan dengan anggaran terbatas atas iuran alumni Kagama". Tuturnya.

Namun menururnya sangat bersyukur berkat donasi teman teman lainnya, kegiatan Canthelan ini terus berlanjut. Bahkan lokasinya pun bertambah dua yakni Jalan G Obos (depan kantor BPKH) dan di Kereng (Depan kantor Seksi BKSDA). "Sangat bersyukur kegiatan Canthelan terus berlanjut hingga empat lokasi. Bahkan sampai saat ini sudah 800 kantong plastik yang sudah dibagikan kepada masyarakat yang memerlukan". Imbuhnya.

Untuk diketahui, isi Canthelannya yakni sembako dan bahan makanan baik lauk ataupun sayuran. Bahan sembakonya pun Kami belanja dari warung-warung dekat lokasi titik Canthelan. "Saat menu sayuran, kami juga belanja di warung sayur depan kompleks. Ikan lele, kami beli dari kelompok tani binaan Kehutanan di Kalampangan". Tegasnya.

Kegiatan Canthelan ini juga bisa menggerakan ekonomi lokal. Untuk Canthelan sendiri Kagama Kalteng bersama Kagamahut Komda Kalteng (Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada – Fakultas Kehutanan).

"Konsep kegiatan BAKTI CANTHELAN sederhana yaitu melindungi tetangga dan orang di Lingkungan terdekat dari kelaparan karena kehilangan pekerjaan dan berkurangnya penghasilan akibat Pandemi Covid-19". Lanjutnya.

Ini juga bertujuan untuk mewujudkan pengabdian anggota KAGAMA untuk berbagi pangan berwujud mentah atau matang. Serta sumber daya lain kepada masyarakat yang membutuhkan dalam situasi pandemi Covid-19.

Mukti Aji yang juga menjabat Ketua Bidang Anggota dan Organisasi Kagama Pengda Kalteng menerangkan, mencantelkan 25 plastik per hari, dengan variasi menu sembako seperti beras, mie, telur, garam, bumbu dapur juga sayuran dan lauk (ikan Lele). "Untuk empat lokasi tersebut dalam sehari kami mencantelkan 100 plastik dengan harapan kami bisa membantu 100 orang setiap hari untuk kebutuhan pokok mereka". Ucap Mukti.

Yang terpenting saat ini kegiatan canthelan ini bisa menstimulasi warga untuk berperan serta dalam berbagi pangan mentah ataupun matang kepada warga lain yang memerlukan. Terutama mereka yang tidak tersentuh bantuan dengan cara digantungkan/dicanthelkan.

"Semua Kegiatan Kagama ataupun Kagamahut murni kepedulian sosial, tidak ada motif politik. Bahkan saya sendiri sebagai koordinator kegiatan tidak menyangka canthelan bisa bertahan sampai saat ini dan doakan saja supaya terus bertahan". Pungkas Mukti. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)