Kasus Positif Covid-19 di Kapuas Melonjak - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

23 Mei 2020

Kasus Positif Covid-19 di Kapuas Melonjak

KAPUAS, SUARAKPK - Tren positif terpapar virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah mengalami lonjakan yang cukup tajam dalam dua hari terakhir.

Dari data yang dipaparkan pada Kamis 21 Mei 2020 ada penambahan 9 kasus. Kemudian pada Jumat 22 Mei 2020 bertambah lagi 25 kasus, sehingga total positif Covid-19 menjadi 56 orang di Kabupaten Kapuas. Jumlah tersebut menempatkan Kabupaten Kapuas berada pada peringkat ke dua terbanyak dari 14 Kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah setelah Kota Palangka Raya.

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penangan Covid-19 Kapuas, Panahatan Sinaga SH menjelaskan, terkait faktor-faktor dan kasus Covid-19 di wilayah ini. Melihat epidemiologi  perkembangan kasus Covid-19 pihaknya juga melakukan koordinasi dengan gugus tugas Provinsi Kalimantan Tengah.

"Bahwa persentase perbandingan kasus Covid-19 di Kapuas dengan Provinsi Kalteng saat ini menjadi pertanyaan besar bagi kita, ini dibahas guna dicarikan jalan keluar". Kata Sinaga, Sabtu (23/05/2020).

Menurutnya, kasus Covid-19 di wilayah ini variabel dan dinamis dalam beberapa waktu terakhir terus bertambah. Dibandingkan dengan kota Palangkaraya dengan jumlah 77 positif Kapuas 56 positif tetapi tingkat kesembuhan di Kapuas sangat rendah terdata hanya 9 jiwa yang sembuh.

"Kapuas itu 12,1 persen, Palangkaraya 27 persen kesembuhan Kapuas 16,1 persen, Palangkaraya 68,1 persen, untuk Indonesia 24,0 persen. Ini menunjukan angka kesembuhan di Kapuas masih lebih rendah dari  kota Palangkaraya dan Indonesia". Ungkapnya.

Sangat memprihatinkan, di Kapuas memiliki angka  mortalitas yang cukup tinggi pada kasus Covid-19 ini, dari 56 positif sudah 9 jiwa kasus kematian akibat Covid-19. "Tingkat kematian di  Kapuas 25,8 persen Palangka Raya 4,3 persen, Indonesia 6,3 persen. Berarti kapuas ada apa kok tinggi angka kematiannya," ujarnya.

Melihat perkembangan data dari kasus Covid-19 di Kapuas, Pemerintah Daerah melalui Gugus Tugas segera mengambil langkah dan kebijakan guna menekan jumlah kasus dan angka kematian. (sur/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)