Tingkatkan Waspada Dini Karhutla - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Maret 2020

Tingkatkan Waspada Dini Karhutla


KATINGAN, SUARAKPK - Wakil Bupati (Wabup) Katingan Sunardi N.T Litang meminta semua pihak untuk meningkatkan kewaspadaan dini terhadap potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) tahun 2020.

“Tingkatkan pula, upaya pencegahan Karhutla di seluruh wilayah Kabupaten Katingan ini". Pintanya.
Dia juga mengingatkan, terkait penyiapan pembukaan lahan usahapertanian, perkebunan dan untuk pegunaan lainya agar tidak dilakukan dengan cara pembakaran. Upaya pencegahan, pengangulangan dan penanganan paska bencana dipandang sebagai tindakan kolaborasi yang harus dilaksanakan semua pihak pemerintah. 

“Baik pemerintah desa, swasta dan masyarakat. Tujuannya, agar peranangan dapat berdaya efek besar dan tuntas". Ungkap Sunardi.

Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan, Wabup juga meminta semua pihak terutama petugas pencegahan dan pengendalian Karhutla agar secara rutin melakukan penyiapan kondisi serta kemampuan masing-masing. 

" itu petugas yang berasal dari unsur pemerintah, instansi vertikal, TNI dan Polri, pemerintah desa, badan usahan dan kelompok masyarakat yang sudah dibentuk harus selalu siap". Pungkas Wabup Katingan ini.

Menurut Sunardi, penyiapan kondisi peralatan juga sangat penting agar setiap saat dapat digunakan. Kemudian penyiapan logistik yang diperlukan harus juga diperhatikan, seperti bahan makanan, minuman dan bahan bakar kendaraan. 

“Pengaktifan komando, baik pos induk di kabupaten maupun kecamatan serta penyiapan peta titik-titik rawan karhutla secara lengkap jangan sampai terlupakan dan ini juga penting". Katanya.

Semua diminta untuk melakukan tindakan cepat, apabil ada informasi tentang adanya hot sopt atau titik panas yang sedang terjadi. Dia juga mengingatkan, agar meningkatkan intensitas kegiatan patrol rutin pada daerah-daerah yang rawan terjadi karhutla. 

“Saya berharap, kita semua dapat menjaga keberadaan alam dengan memelihara, mencintai, merawat dan tidak menyakiti atau merusaknya. Sehinga alam benar-benar menjadi sahabat yang baik dalam kehidupan manusia". Kata Sunardi.

Kepada Tim Terpadu Pencegahan dan Pengendalian Karhutla, Wabup menyampaikan ucapan terima kasih atas segala upaya yang telah dilakukan. Terutama dalam hal mencegah dan mengendalikan Karhutla di Kabupaten Katingan beberapa waktu lalu. 

“Mari kita satukan tekad, lebih baik mencegah jangan sampai terjadi Karhutla dari pada harus memadamkan api. Stop kebakaran dan stop pencemaran asap di Kabupaten Katingan". Tuturnya. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)