Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Pati, Komisi A DPRD Dan Dinarpus Kab.Pati Berkunjung Ke Dinpersip Kota Salatiga - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


RATAS Tentang Kelonggaran Angsuran Kredit

SUARA MERDU KAPOLRI

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

10 Maret 2020

Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Pati, Komisi A DPRD Dan Dinarpus Kab.Pati Berkunjung Ke Dinpersip Kota Salatiga

SALATIGA, suarakpk.com – Dalam rangka meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Pati, Jawa Tengah, siang tadi, Selasa (10/3/2020), Dinas Arsip dan Perpustakaan bersama Komisi A DPRD Kabupaten Pati melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Salatiga.
Kunjungan kerja dipimpin langsung oleh Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Pati, Ir.Bambang Susilo didampingi oleh Sekretaris Komisi, dan anggota Komisi, Kasubag Humas Sekwan serta Kepala Arpus Kab.Pati, Suwanto.
Rombongan diterima langsung oleh Kepala Dinpersip Salatiga,Slamet Setyo Budi,SE.,M.Acc beserta Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Kearsipan, Kepala Bidang Perpustakaan di Ruang BLC Dinas Persip Kota Salatiga.
Dipaparkan oleh Kepala Dinpersip Salatiga,Slamet Setyo Budi,SE.,M.Acc, bahwa Dinpersip Kota Salatiga dalam bidang Perpustakaan telah berhasil mendapatkan Akreditasi A dari Perpustakaan Nasional, hal tersebut dapat tercapai karena didukung oleh komitmen Pemerintah Kota bersama DPRD Kota Salatiga.
“Walikota Salatiga bersama DPRD telah berkomitmen meningkatkan budaya Baca di Kota Salatiga, sehingga untuk memenuhi komitmen tersebut, direncanakan pembiayaan akan diajukan pada anggaran perubahan 2020,” paparnya.
Dijelaskan Setyo Budi bahwa Dinpersip di tahun 2020 ini telah dialokasikan Anggaran senilai kurang lebih Rp.7 Miliar dengan rincian untuk belanja pegawai senilai sekitar Rp.3,7 Miliar dan belanja lainnya kurang lebih Rp.3 milar.
“Di Dinpersip Kota Salatiga, setiap hari dikunjungi lebih dari 1000 pengunjung dari warga Salatiga dan dari luar Salatiga, dengan didukung fasilitas, Wifi, Gasebo, Ruang baca, Ruang Laktasi, ruang baca anak dan ruang Bisokop serta perangkat komputer internet secara gratis,” jelas Setyo Budi.
Ditambahkan Setyo Budi, bahwa semua bisa berjalan, selain didukung oleh Pemerintah Kota Salatiga, Dinpersip juga menjalin kerjasama dengan berbagai Perguruan Tinggi dan Sekolah yang ada di Kota Salatiga.
“Selain sekolahan, Dinpersip Kota Salatiga juga menjalin kerjasama dengan pondok pesantren, Instansi pemerintah dan non pemerintah serta kelompok masyarakat tertentu semisal TBM, juga memaksimalkan Kelompok Kerja Pustakawan (KKP)” tambahnya.
Ditandaskan Kadin Persip, selain itu, merujuk dari arahan Ketua PKK Kota, (Istri Walikota) yang mewajibkan di setiap tingkat RW, harus adanya Taman Baca Masyarakat (TBM).
“Dinpersip Salatiga, juga terdukung adanya 6 Pustakawan ASN dan 9 pustakawan THL, serta 6 Arsiparis ASN,” tandasnya.
Dalam uraian yang disampaikan Setyo Budi, juga ditampilkan video tentang profil dinpersip di ruang Bioskop Dinpersip Salatiga.
Sementara, Ketua komisi A DPRD Pati, Ir.Bambang Susilo mengaku tertarik dengan pemaparan Kepala Dinas Persip Kota Salatiga. Dirinya menuturkan, bahwa sebelum berkunjung ke Kota Salatiga, dia bersama rombongan telah melakukan kunjungan ke Magelang.
“Sesi kunjungan kedua ini, kami khususkan belajar di Kota Salatiga, dimana kami ingin belajar mengembangkan minat baca warga masyarakat Kabupaten Pati,” tutur Bambang.
Ketua Komisi A DPRD Kab.Pati ini mengungkapkan, bahwa Bidang Kearsipan Pati telah masuk dalam tingkat ke 10, namun bidang Perpustakaan masih jauh dari harapan.
“Pati perlu meningkatkan pendidikan anak dan perpustakaan,” ungkapnya.
Diuraikan Bambang, bahwa di Kabupaten Pati telah memiliki Perda yang mengaktur tentang Kabupaten Layak Anak untuk tingkat pratama.
“Hanya saja ruang baca anak masih minim karena anggaran terbatas,” ucapnya.
Bambang berjanji dari banyaknya hasil kunjungannya, akan menyampaikan ke sidang paripurna dan membuat rekomendasi kepada Bupati.
“Khususnya tentang ruang baca anak, tidak hanya tamannya saja, itu tujuan kunjungan di Kota Salatiga,” janjinya.
Bambang juga berharap bahwa dengan kunjungan singkatnya tersebut, diharapkan dapat memberikan hal inspirasi dan dikembangkan di Kab.Pati.
Di sisi lain, Kepala Dinas Arpus Kab.Pati, Suwanton mengaku bahwa Dinasnya belum mempunyai gedung sendiri, selama ini masih mewarisi gedung lama, yang kantornya bukan untuk perpusda.
“Awalnya kami mendapat informasi tentang perpus salatiga, dan merujuk tentang minat belajar masyarakat pati yang tinggi, namun untuk perpusda masih jauh dari kelayakan,” katanya.
Diterangkan Suwanto, bahwa hal tersebut sudah disampaikan ke bupati, namun, Pati belum memiliki lahan untuk membangun Gedung perpus.
“Didasarkan pembangunan, kami harus memiliki minmal DED dan lahan minimal 2 meter, sehingga kami berharap komisi A dapat mendukung niatan kami untuk mewujudkan perpus sebagai bentuk representasi masyarakat yang memiliki minat pendidikan tinggi,” terang Suwanto.
Suwanto, juga mengajukan beberapa pertanyaan terkait dengan untuk menarik minat baca masyarakat dan strategi sampai 1000 pengunjung setiap hari, serta strategi utk mendapat anggaran untuk menjalankan perpustakaan yang besar.
“Sedangkan di Pati, masih sekitar 100-200 penginjung,” ujarnya.
Selain itu, Anggota DPRD  Muslihat, mengaku terpesona dengan infrastrutur Dinpersip Salatiga yang dinilai sungguh menarik.
Muslihat juga mempertanyakan terkait ruang baca, apakah masyarakat luar salatiga bisa pinjam, dan batasan waktu pinjam?.
Dijawab oleh Kepala Dinas Persip Salatiga, bahwa setiap peminjaman buku ada batas waktunya.
“Jika ada yang bandel, kita minta nomor WhatsApp dan email, juga kadang kami jemput bola dengan mendatangi alamat si peminjam,” jawabnya.
Seusai berdialog di ruang bioskop, Rombongan Kabupaten Pati dengan didampingi Kepala Dinas Persip Kota Salatiga berserta pejabatnya melanjutkan berkeliling di lingkungan Dinpersip untuk melihat semua ruang dan fasilitas yang tersedia di Dinpersip Salatiga. (001/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi