Minggu Ini Dinpersip Kota Salatiga Padat Menerima Kunjungan Anak Sekolah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


RATAS Tentang Kelonggaran Angsuran Kredit

SUARA MERDU KAPOLRI

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

11 Maret 2020

Minggu Ini Dinpersip Kota Salatiga Padat Menerima Kunjungan Anak Sekolah

Ket Gambar : Anak TK Kartika di Taman Literasi Dinpersip Salatiga
SALATIGA, suarakpk.com – Dalam upaya meningkatkan minat baca di Kota Salatiga, berbagai terobosan dilakukan Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan (Dinpersip) Kota Salatiga. Hal tersebut seperti yang terlihat pagi tadi, Rabu (11/3), Dinpersip diserbu anak taman kanak-kanak Kartika.
Sebanyak kurang lebih 40 anak berkunjung ke dinpersip untuk mengenal Perpustakaan Daerah Kota Salatiga dengan segala fasilitasnya. Rombongan anak TK ini diterima oleh Kepala Bidang Perpustakaan Sri Hartini didampingi Pustakawan Dwi Ratna.
Sebelum masuk ke gedung perpustakaan daerah, oleh Dwi Ratna, anak-anak diperkenalkan lingkugan yang ada di sekitar Gedung Perpustakaan daerah, mulai taman dan gasebonya, dilanjutkan ke taman literasi yang ada di luar gedung Perpustakaan.
Usai mengenal lingkungan, kembali anak-anak TK Kartika diperkenalkan setiap ruang yang ada di dalam gedung perpustakaan, mulai dari ruang layanan, ruang pembuatan KTA, ruang baca berkebutuhan khusus, ruang buku umum dan berakhir di ruang teater mini.
Di ruang Teater Mini inilah, anak-anak diajak menonton bersama sebuah film pendidikan yang telah disediakan oleh Dinpersip. Sebab di ruang inilah, anak-anak dan masyarakat seakan berada digedung bioskop mini dengan ruangan berAC.
Saat menonton, anak-anak bersama guru serta orang tua pendamping nampak wajah yang begitu ceria dan bahagia, seolah menyiratkan sebuah keinginan untuk kembali ke perpustakan daerah kota salatiga.
Ket Gambar : Anak TK Kartika saat akan masuk ke Dinpersip Salatiga
Dituturkan Kepala Dinpersip Kota Salatiga, Slamet Setyo Budi, SE.,M.Acc melalui Kepala Bidang Perpustakaan, Sri Hartini, bahwa dari semua fasilitas yang ada di gedung perpustakaan daerah dapat digunakan secara gratis oleh warga masyarakat.
“Minggu ini luar biasa kunjungannya mas, sebelumnya kemarin selasa, sudah ada kunjungan dari SD kutowinangun 12 dan SD mangunsari 06, dan hari ini Rabu (11/3) dari TK Kartika,” tuturnya.
Hartini mengungkapkan, bahwa untuk jadwal kunjungan pada minggu ini telah padat dari berbagai sekolah yang ada di Kota Salatiga.
“Untuk besok kamis (12/3) telah terjadwalkan kunjungan dari SD Mangusari 01 mulai kelas 4,5 dan 6,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Hartini mengatakan, untuk hari Jumat (13/3) juga telah terjadwal kunjungan dari TK.Aisyah Bustanul Athfal.
“Untuk hari Sabtu (14/3) sudah terjadwal adanya seminar dari kampung dongeng atau sering disingka dengan sebutan kado,” katanya.
Sementara untuk hari minggu (15/3), lanjut Hartini, ada kunjungan dari sekolah minggu yang bersamaan dengan kegiatan Launching Kampung Dongeng di halaman DPRD Kota Salatiga.
Ditandaskan oleh Hartini, bahwa di perpustakan daerah kota salatiga, setiap hari dikunjungi tidak kurang dari 1000 orang.

Ket Gambar : Anak TK Kartika di Ruang Teater Mini Dinpersip Salatiga
“Kami buka setiap hari, dengan jadwal, Senin sampai jumat, buka sampai pukul 20.00 WIB, sedangkan sabtu dan minggu buka mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB,” tandasnya.
Ditegaskan Hartini, bahwa semua fasilitas mulai dari pembuatan KTA perpustakaan, pemantaan Wifi dijamin gratis.
“Untuk menggunakan Ruang Teater Mini, tidak dipungut biaya alias gratis, setiap kelompok masyarakat dan sekolahan yang ingin menggunakan ruang tersebut cukup mengajukan surat permohonan pinjam ke Kepala Dinpersip saja,” jelasnya.
Di sisi lain, salah satu orang tua murid yang turut mendampingi anaknya di Dinpersip mengaku bangga dan senang melihat lingkungan dan fasilitas yang ada di Dinpersip.
“Gedungnya megah, fasilitasnya lengkap, gratis lagi, cukup untuk menjadi inspirasi masyarakat sebagai tempat rekreasi edukasi,” pungkasnya. (001/Sulis/Erwanto/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi