Kompetisi Sains Nasional tingkat SD Kabupaten Aceh timur Jadi Agenda Penting Pendidikan. - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

13 Maret 2020

Kompetisi Sains Nasional tingkat SD Kabupaten Aceh timur Jadi Agenda Penting Pendidikan.

Aceh timur, suarakpk com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Aceh timur telah menggelar Kompetisi Sains Nasional (KSN) Sekolah Dasar Tingkat Kabupaten tahun 2020,di SD Negeri 4,Aceh timur, Jum'at (13/3/2020).
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh timur Saiful Basri menyatakan, kegiatan tersebut dilaksanakan serentak secara nasional hari ini.Di Aceh timur diikuti oleh siswa tingkat SD perwakilan dari masing - masing korwil Aceh timur.

"Kita melaksanakan suatu kegiatan, serentak di seluruh pelosok tanah air, dan untuk anak-anak berkompetisilah secara sehat, saya yakin pula yang diutus ini sudah mempersiapkan diri dengan maksimal," ucapnya.

Saiful Basri mengucapkan selamat kepada peserta yang mengikuti kompetisi sains nasional, dan diharapkan kegiatan berjalan lancar hingga selesai.

"Yang diutus ini pasti menjadi yang terbaik untuk ikut kompetensi," ujarnya.

Menurutnya, ilmu pengetahuan saat ini terus berkembang. Karenanya, generasi muda diharapkan terus meningkatkan kompetisi belajarnya.

"Tidak boleh berhenti belajar, karena ilmu pengetahuan terus berkembang sesuai peradaban yang ada. Ilmu pengetahuan berguna untuk berbagai sisi kehidupan, menganalisa sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan," ucapnya.

Maka dari itu dalam kompetisi sains Nasional yang juga diikuti oleh anak - anak di daerah itu menjadi salah satu agenda penting bagi dunia pendidikan kedepan.

"Mereka adalah anak Aceh timur yang menjadi pondasi pembangunan kedepan. Saya berharap banyak anak disini bisa mewujudkan cita-citanya," ujarnya.

Pemerintah di era sekarang sudah merubah sistem pendidikan, peserta didik semua diusahakan untuk bisa memahami dan belajar dengan menggunakan daya nalar.

"Maka disini guru berperan sebagai asesor, bagaimana mentransfer ilmu ke peserta didik agar bisa memahami apa yang diajarkan,"pungkas Saiful.

Adapun bidang studi yang di perlombakan pada kompetisi (KSN) tingkat SD yaitu : IPA dan matematika.

Berikut hasil lomba KSN tingkat kabupaten Aceh timur 2020:

Kelompok Matematika Siswa.
Juara 1 SDN 1 IDI  (Khalis Humam Githrif).
Juara 2 SDN Paya bili (M.Mubaroq).Juara 3 SDN 2 penaron (Nazwa Anaya Faari).Juara harapan 1 jatuh kepada SDN 2 Birem rayeuk (Rasti Ardwi).Juara harapan II jatuh kepada SDN Pante Rambong (Muhammad Mursalin).Juara harapan III jatuh kepada SDN Tanjung Tani (Nurrohim).

Kelompok IPA Siswa.
Juara 1 SDN 2 peureulak  (Fahtur Rahmanur).
Juara 2 SDN 2 peureulak (Tazkia Izzati).
Juara 3 SDN Kede blang (Muhammad Syarwani).
Juara harapan 1 SDN 1 Idi (Muhammad  Fariz Aurie Haivana).Juara harapan II  SDN 1 Idi (Izyani Vounna).Juara harapan III SDN III Julok Rayeuk Utara (Aqilah Putri).

Sedangkan untuk kategori IPA guru pendamping juara 1 di raih oleh SDN 2 peureulak (Mutia Hasan S.pd).Juara 2 SDN 1 Birem Rayeuk (Khuzaih S.pd).Juara 3 SDN 2 Birem Rayeuk (Puji Azan Ningtiyas).Harapan 1 SDN 3 Rantau Peureulak (Debby Evita S pd). Harapan II SDN 3 Peureulak (Rika Mariani S.pd). Harapan III SDN 1 Idi (Cut Mutia Farida).

Kategori Matematika guru pendamping, juara 1 SDN 2 penaron (Suripah S.pd).juara 2 SDN paya bili (Sri Wirahayu,S.pd). juara 3 SDN 1 Idi (Haniah S.pd).juara harapan 1 SDN 5 peureulak (Fahlila Mutia S.pd.I). juara harapan II SDN Buket Panyang (Darmawati,S.Pd). juara harapan III SDN 1 Idi (Ika Nindia S.pd).

Pada akhir penutupan (KSN), Kabid pembina SD Agus Salim, langsung membagikan piala kepada peserta kompetisi ini.

Agus Salim, dalam arahannya menyampaikan melalui kompetisi ini semua peserta bersaing dengan ketat dan tidak ada kecurangan, semuanya Yang diutus ini pasti menjadi yang terbaik untuk ikut kompetensi," ujarnya.

Lanjutnya, harapan saya kepada para pemenang agar tetap terus belajar supaya kita bisa bersaing ke tingkat nasional serta membawa nama Aceh, dan untuk yang belum beruntung jangan berkecil hati masih ada waktu untuk terus meraih sukses dan prestasi, teruslah belajar tuntutan ilmu sampai ke negeri cina.pungkas Agus Salim.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)