Kembangkan Daya Nalar Peserta Didik, Disdik Gelar Kompetisi Sains - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

16 Maret 2020

Kembangkan Daya Nalar Peserta Didik, Disdik Gelar Kompetisi Sains

KAPUAS, SUARAKPK - Dalam mengembangkan daya nalar dan kemampuan memecahkan masalah perserta didik tingkatan Sekolah Dasar, Dinas Pendidikan menggelar Kompetisi Sains Nasional Tingkat Sekolah Dasar (KSN-SD). Kegiatan sendiri diikuti 90 orang peserta didik.

“Kompetisi ini adalah salah satu wadah strategis untuk mengembangkan daya nalar, kemampuan memecahkan masalah, kreativitas dan sportivitas peserta didik sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif dan mandiri". Sebut Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Dr H Suwarno Muriyat dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Yulianus Banuas Aden, saat membuka kegiatan KSN-SD di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas..

Dijelaskan Kadisdik, kegiatan KSN-SD yang dilaksanakan setiap tahun tersebut tidak hanya berorientasi pada kejuaraan akan tetapi esensinya terletak pada nilai pendidikan, yaitu menjadikan kegiatan tersebut sebagai pengalaman belajar serta meningkatkan rasa persaudaraan dan rasa persatuan antar generasi.

"Memupuk sikap saling menghargai, menghormati, solidaritas begitu juga toleransi karena menang atau kalah bukanlah tujuan tetapi jadikan sebagai motivasi dalam rangka mencapai tujuan". Ujar Suwarno.

Ditambahkannya, KSN SD juga merupakan salah satu bentuk upaya pemerintah dalam mewujudkan program nawacita Presiden RI, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia dan melakukan revolusi karakter bangsa yang akan dilaksanakan melalui Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di bidang sains.

Sementara, Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar Franz Yulian melaporkan bahwa kegiatan pada hari itu mengambil tema Pendidikan Hebat Kapuas Cerdas wujudkan generasi  cerdas, berkarakter, tangguh dan adaptif terhadap perubahan. Tujuan KSN-SD tahun ini adalah sebagai wahana kompetisi dalam bidang matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bagi peserta didik SD atau sederajat, dengan jumlah peserta 90 orang dari 13 Kecamatan yang terdiri dari 46 orang mengikuti KSN-SD bidang IPA dan 44 orang mengikuti KSN-SD bidang Matematika.

 peserta sendiri ia menerangkan masih duduk dikelas empat atau lima dengan usia maksimal 13 tahun dan untuk peringkat satu, dua, tiga pada bidang masing-masing nantinya akan mewakili Kabupaten Kapuas untuk mengikuti kompetisi tingkat Provinsi Kalimantan Tengah yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)