Jaya Ingatkan Sportif dan Inovatif Pada Lomba Desa - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


10 Maret 2020

Jaya Ingatkan Sportif dan Inovatif Pada Lomba Desa

GUNUNG MAS, SUARAKPK - Bupati Gunung Mas (Gumas), Jaya Samaya Monong meminta pemerintah desa di wilayah itu untuk mengedepankan cara-cara sportif dan positif saat pelaksanaan lomba desa tingkat kabupaten.

“Lomba desa selalu ada setiap tahun, baik itu lomba desa di tingkat kecamatan sampai dengan tingkat nasional". Kata Jaya, belum lama ini.

Lebih lanjut, tambah orang nomor satu di Kabupaten Gunung Mas ini, bahwa lomba desa bertujuan untuk mengevaluasi sekaligus mendorong, serta memberi motivasi kepada pemerintah daerah, pemerintah desa dan masyarakatnya untuk bersaing secara sportif dalam meningkatkan kualitas.

Selain itu, menurut Jaya, desa didorong menampilkan yang unggulan dan terbaik sebagai upaya meyakinkan tim penilai nantinya. Masyarakat juga harus mendukung sehingga semua yang ditampilkan bukan saja dorongan pemerintah desa, tetapi juga atas dukungan dan keaktifan masyarakat.

“Kualitas yang dimaksud adalah penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat desa". Ungkap Jaya. 

Terpisah, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Gumas, Yulianus Umar menerangkan, lomba desa tingkat kabupaten setempat akan diikuti delapan desa yang berasal dari delapan kecamatan.

Delapan desa tersebut adalah Sepang Kota Kecamatan Sepang, Dahian Tambuk Kecamatan Mihing Raya, Tewang Pajangan Kecamatan Kurun, Batu Nyapu Kecamatan Tewah.

“Selanjutnya Luwuk Tukau Kecamatan Manuhing Raya, Jalemu Raya Kecamatan Rungan Barat, Tumbang Jutuh Kecamatan Rungan, dan Jangkit Kecamatan Rungan Hulu". Jelas Yulianus Umar. 

Dimana,tambah dia, tahapan pelaksanaan lomba desa dan mekanisme penilaian terdiri dari beberapa tahap, yakni penilaian administratif, penilaian klarifikasi lapangan, pemaparan calon juara dan penetapan juara lomba.

“Penilaian klarifikasi lapangan rencananya akan dimulai pada 10 Maret 2020 di Sepang Kota, berlanjut ke desa-desa lainnya sampai 18 Maret 2020 mendatang di Jangkit". Sebutnya. (wil/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi