Festival Budaya Meriahkan Hari Jadi Kapuas - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

10 Maret 2020

Festival Budaya Meriahkan Hari Jadi Kapuas

KAPUAS, SIARAKPK - Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke -214 dan HUT Pemerintah Kabupaten Kapuas ke-69 Tahun 2020 dimeriahkan dengan digelarnya Festival Budaya Tingang Menteng Penunjung Tarung.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya, sangat mengapresiasi atas terselenggaranya festival tersebut, karena mampu melestarikan kebudayaan yang ada di Kabupaten Kapuas. Ben meminta kepada seluruh Kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk ikut berpartisipasi dalam memeriahkan festival budaya tersebut.

“Yang kita perlukan sekarang adalah bagaimana kita harus melestarikan budaya kita agar selalu dapat terjaga serta juga dapat dijadikan sebagai potensi pariwisata untuk mengembangkan Kabupaten Kapuas kedepannya" kata Bupati.

Tambah Ben, dirinya berharap agar pihak-pihak terkait dapat mengolah sumber daya alam yang dimiliki Kabupaten Kapuas sehingga dapat dimanfaatkan sebagai objek pariwisata yang mana dapat membantu kesejahteraan masyarakat.

“Saya harap kepada masing-masing kecamatan di Kabupaten Kapuas untuk selalu mengembangkan kesenian budaya tarinya masing-masing agar Kabupaten Kapuas selalu dipenuhi dengan kesenian-kesenian yang beraneka ragam". Ungkap Bupati dua periode ini.

Lanjutnya, memasuki usia Kabupaten Kapuas yang sudah 214 tahun ini, dirinya mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga keberagaman dan kesenian serta ikut melestarikan kebudayaan daerahnya masing-masing.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPR RI Ary Egahni Ben Bahat dalam kesempatan tersebut mengungkapkan rasa bangganya dengan kesenian yang beraneka ragam di Kabupaten Kapuas. Berkenan hal itu dirinya mengajak kepada Dinas terkait untuk melakukan inovasi-inovasi dalam melestarikan serta meningkatkan kesenian yang ada di Kabupaten Kapuas.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas, H Suparman pada saat pembukaan Festival menjelaskan, lomba-lomba yang digelar antara lain lomba tari pedalaman, lomba Balogo, lomba Bagasing dan lomba Lawang Sakepeng, dan lomba Karungut yang dibagi menjadi dua kategori yaitu kategori putra dan kategori putri dengan menggunakan alat musik tradisional Kalimantan Tengah yang berlangsung di sekitaran Gedung Olahraga dan Stadion Olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas pada Minggu (8/3) malam. (nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)