GSI Adalah Upaya Mencegah Kematian Ibu dan Anak - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

11 Maret 2020

GSI Adalah Upaya Mencegah Kematian Ibu dan Anak

GUNUNG MAS, SUARAKPK - Gerakan Sayang Ibu sangat penting dilakukan. Dimana ini merupakan kegiatan dalam rangka upaya pencegahan kematian ibu dan bayi.

Dijelaskan oleh Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan sertan Perlindungan Anak Kabupaten Gunung Mas, Isaskar, GSI ini suatu gerakan yang dilaksanakan oleh masyarakat bekerjasama dengan  pemerintah untuk peningkatan kualitas hidup perempuan melalui berbagai kegiatan yang mempunyai dampak terhadap upaya penurunan Angka Kematian Ibu dan Angka Kematian Bayi.

“Tujuan gerakan Sayang Ibu ini,bertujuan menanggulangi faktor yang berpengaruh pada kematian ibu dan bayi, tujuan lainnya adalah meningkatkan kesadaran dan pemenuhan,perlindungan bagi perempuan dan remaja, berikut nya mencegah dan menanggulangi KDRT". Unhkap Isaskar.

Selain itu juga, ia menambahkan dalam gerakan sayang ibu ini, ada lima prinsip dasar yaitu harus ada pendekatan lintas sektoral dan multi disiplin ilmu, Intervensi yang integratif dan sinergis, partisipasi dan tanggungjawab dari pihak laki laki, sistem pemantauan yang terus menerus dan yang ke lima adalah koordinasi yangg efektif oleh pemda dan wilayah.

Kemudian, menurut Isaskar bahwa kegiatan GSI ini, sangat baik sebagai pembelajaran kepada masyarkat terutama para ibu.

 "Saya berharap Kita harus konsisten dan aktif dalam sosialisasi GSI ini agar ibu hamil rajin periksa ke posyandu sehingga ibu sehat, bayipun sehat dan angka kematian ibu dan bayi menjadi berkurang”. Tukasnya. (wil/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)