Disperindag dan Perusda Gumas Jalin Kerja Sama - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

16 Maret 2020

Disperindag dan Perusda Gumas Jalin Kerja Sama

GUNUNG MAS, SUARAKPK – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Gunung Mas (Gumas) melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Perusahaan Daerah (Perusda) Gunung Mas Perkasa, yaitu terkait dengan pengelolaan aset yang ada di sentra Industri Kecil Menengah (IKM) Furniture, Desa Sepang Kota, Kecamatan Sepang.

" MoU yang kami lakukan itu untuk memanfaatkan aset yang ada di sentra IKM Furniture tersebut, baik itu peralatan, mesin, termasuk bangunan gedung". Ungkap Kepala Disperindag Kabupaten Gumas Luis Eveli di ruang kerjanya, Kamis (12/03/2020) pagi.

Saat ini, lanjut dia, aset yang ada di Sentra IKM Furniture sama sekali belum dimanfaatkan. Daripada tidak memberikan hasil, maka lebih baik diserahkan ke Perusda untuk mengelolanya, sehingga diharapkan akan dapat memberikan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk daerah ini.

"Karena kami sudah menyerahkan aset tersebut untuk dikelola perusda, maka secara operasional sudah menjadi kewenangan Perusda. Dalam pengelolaan aset itu, menjadi wewenang perusda". Tuturnya.

Dalam MoU tersebut, kata dia, aset yang ada di sentra IKM Furniture disewa oleh perusda. Berdasarkan kesepakatan, sewa aset mencakup peralatan, mesin dan bangunan gedung sebesar Rp 30 juta.

”Daripada aset disana tidak menghasilkan sama sekali, lebih baik disewakan untuk dikelola oleh perusda,” ujarnya.

Dia berharap kedepan, pengelolaan aset di sentra IKM furniture oleh perusda bisa maksimal, sehingga nantinya dapat meraih keuntungan. Jika demikian, ini nanti akan berpengaruh pada meningkatnya biaya sewa aset untuk tahun mendatang.

"Jika perusda sudah mendapatkan keuntungan, maka kedepan akan kami tingkatkan lagi target sewa, yang nantinya diatur dalam Peraturan Bupati (Perbup)". Terangnya.

Sementara itu, Direktur Perusda Gunung Mas Perkasa Mochammad Ramdhan mengatakan, dalam pengelolaan aset di Sentra IKM Furniture, akan dibagi dalam beberapa produk hasil olahan kayu, seperti meja, kursi, lemari, jendela, pintu, dan lainnya.

"Untuk hasil produksinya, baik itu berupa kayu olahan maupun furniture akan disesuaikan dengan kebutuhan lokal. Sekarang ini, juga sudah ada mitra usaha yang akan bekerjasama dengan perusda". Pungkasnya.(wil/nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)