Pemkab Batu Bara Gelar Rakor Penanggulangan Penyakit African Swine Fever - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

04 Februari 2020

Pemkab Batu Bara Gelar Rakor Penanggulangan Penyakit African Swine Fever


Ketgam pada kegiatan Rakor penanggulangan penyakit demam babi Senin 04/02/2020.

Batu Bara, suarakpk.com - Bupati Batu Bara Ir Zahir M. AP diwakilkan Asisten II Sahala Nainggolan bersama Dinas Perternakan (Distanak) Kabupaten Batu Bara melakukan Rapat koordinasi (Rakor) penanggulangan penyakit demam babi Afrika atau African Swine Fever (ASF) yang menyebabkan kematian tinggi pada ternak babi.

Pelaksanaan Rakor diaula kantor Bupati Lima Puluh Kabupaten Batu Bara Sumatera Utara Senin 03/02/2020.

“Kita harapkan melalui rapat ini dapat memberikan pemahaman kepada stake holder dan masyarakat tentang virus ASF tersebut,” Kata Bupati Zahir melalui Kepala Distanak Kabupaten Batu Bara, drh Emmy Oftini.

Lanjut drh Emmy, walau ASF belum masuk ke Indonesia, namun perlu waspada, sebab virus tersebut tahan dengan suhu panas maupun dingin dan sangat beresiko.

" Virus itu ditemukan pada sosis dan daging asap tidak dapat dimusnahkan dalam daging baik itu dengan pengawetan, pengasapan maupun pembekuan" ujar Emmy. 

Namun kata Emmy, ASF ini belum bersifat zoonosis yang menular ke manusia, tetapi berakibat fatal pada babi, belum ada pengobatan dan vaksin untuk virus tersebut. 

" Virus ini juga mati jika babi terjangkit mati" kata drh Emmy.  

Rapat tersebut juga membahas supaya
virus yang dimaksud tidak berjangkit  dengan cara pemusnahan (stamping out), pengetatan peredaran dan perdagangan babi hutan (daging celeng) dengan menyesuaikan kuota dan penyuluhan kepada masyarakat dan koordinasi lintas sektoral.

Masuh dengan drh Emmy, akhir-akhir ini marak, banyak ternak babi mati yang diduga disebabkan oleh serangan virus Hog Cholera, merupakan penyakit yang tidak zoonosis (tidak dapat menular ke manusia atau sebaliknya). 

" Sejak awal kami telah melakukan upaya pencegahan penyemprotan terhadap kandang babi yang ada di-Kabupaten Batu Bara juga melakukan komunikasi dan edukasi kelapangan" pungkasnya. 

Kegiatan turut dihadiri Kepala Balai Veteriner Medan drh Agustia MT, Camat serta Dinas terkait. 

(muhammad amin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)