Dewan Minta Produk Lokal Dikembangkan - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Kawal Rp.72 Triliun Dana Desa TH.2020

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

Hari Pers Nasional 2020

Iklan

04 Februari 2020

Dewan Minta Produk Lokal Dikembangkan

GUNUNG MAS, SUARAKPK – Pihak DPRD Kabupaten Gunung Mas (Gumas) meminta kepada seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), untuk mengembangkan kreativitas dalam usaha rumahan yang digeluti agar bisa lebih maju. Hal tersebut disampaikan oleh Anggota DPRD Gumas, Untung J Bangas.

“Dalam bersaing dengan para kompetitor, kami ingin pelaku UMKM di daerah ini terus mengembangkan kreativitas mereka dalam mengolah produk lokal, sehingga memiliki nilai jual yang tinggi". Ujar Untung, Sabtu (01/02/202).

Lanjutnya, sebagai salah satu contoh yang bisa diolah dengan memanfaatkan kreativitas adalah buah-buahan lokal seperti durian, langsat, cempedak, paken, tongkoi dan lainnya. Biasanya saat musim panen tiba, harga dari buah tersebut akan turun dan banyak yang tidak laku terjual, sehingga menjadi busuk. Tentu hal demikian menyebabkan kerugian.

“Dengan kreativitas yang dimiliki, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan buah-buahan lokal tersebut untuk diolah kembali dengan berbagai macam bentuk olahan baru, sehingga memiliki nilai jual yang ekonomis". Tuturnya.

Legislator dari daerah pemilihan (dapil) III mencakup Kecamatan Tewah, Kahayan Hulu Utara, Damang Batu, dan Miri Manasa ini. menambahkan, Kabupaten Gumas memiliki masih banyak potensi yang belum terbuka luas, khususnya dalam pemanfaatan sumber daya alam (SDA). Untuk itu, diminta kepada pelaku UMKM dan masyarakat agar terus mengembangkan kreativitas dan inovasi, sehingga meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga.

”Dengan begitu,  nantinya semua pelaku UMKM disini tidak hanya terpaku menjadi pelaku UMKM tersier atau penyalur produk saja, namun mereka juga menjadi pelaku UMKM produsen". Pungkas anggota DPRD ini. (Alw)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi