Warga Purworejo Keluhkan Operasi Lalin Di Pagi Hari, Dengan Sasaran Anak Berangkat Sekolah - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Kawal Rp.72 Triliun Dana Desa TH.2020

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

Hari Pers Nasional 2020

21 Januari 2020

Warga Purworejo Keluhkan Operasi Lalin Di Pagi Hari, Dengan Sasaran Anak Berangkat Sekolah


PURWOREJO, suarakpk.com - Satuan Lalulintas polres Purworejo pagi tadi, Selasa (21/1) menggelar operasi lalulintas di jalan perempatan lampu merah Meranti kabupaten Purworejo.
Operasi di pagi hari pada jam Sekolah, tersebut mendapatkan respon masyarakat.
Pantauan suarakpk.com di lokasi, terlihat puluhan personel terdiri dari Satuan Unit Lantas Polres Purworejo menindak sejumlah kendaraan roda dua yang rata-rata siswa sekolah menengah atas
(SMA) sedang berangkat ke sekolah.
Salah seorang pengendara roda empat, yang mengaku bernama Gun, warga cangkrep Purworejo, mengapresiasi petugas kepolisian lalulintas Polres Purworejo untuk menertibkan pengendara terutama anak-anak sekolah di Kabupaten Purworejo, namum dirinya menyayangkan razia ini tidak disertakan plang pemberitahuan razia.
"Seharusnya plang razia harus diletakkan sesuai peraturan. Polisi saja sebagai pengayom masyarakat bisa melanggar peraturan," tuturnya kepada suarakpk.com. Menurutnya, petugas kepolisian seharusnya memberikan contoh kepada masyarakat untuk mengikuti peraturan  bukan mencari kesalahan masyarakat.
Sebagaimana yang ada di lapangan, memang terlihat operasi lalulintas yang dilakukan Satlantas Polres Purworejo di pagi hari tidak menggunakan papan pemberitahuan.
Untuk diketahui, Penggunaan plang razia diatur dalam peraturan undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu Lintas dan Angkutan jalan, (UU LLAJ) dan peraturan pemerintah nomor 80 tahun 2012 tentang Tata Cara pemeriksaan kendaraan bermotor di jalan dan penindakan pelanggaran lalu lintas dan angkutan jalan (PP 80/2012).
Sementara, salah satu warga lain, yang enggan disebutkan namanya, mengungkapkan rasa kecewa, pasalnya selain razia tanpa papan pemberitahuan, dilakukan di pagi hari, hal tersebut dinilai olehnya, seolah polisi sedang mengejar target tilangan, sehingga anak sekolah yabg sedang berangkat ke sekolah dijadikan sasarannya.
"Ini sangat mengecewakan, operasi tanpa papan pengumuman, dilakukan di pagi hari, anak sekolah menjadi sasaran operasinya," cethusnya.
Di sisi lain, saat suarakpk.com mengkonfirmasi salah satu anggota polisi lalulintas, tidak ada yang berkenan memberikan komentar, operasipun diselesaikan dengan membawa puluhan kendaraan anak sekolah beserta STNK nya.
Hingga berita ini di turunkan, suarakpk.com belum dapat mengkonfirmasi Kasat Lantas Polres Purworejo. (BS/Red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi