Pelabuhan Umum Idi Rayeuk Aceh Timur akan Dibangun Tahun 2021 - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


29 Januari 2020

Pelabuhan Umum Idi Rayeuk Aceh Timur akan Dibangun Tahun 2021

Aceh timur/suarakpk com-anggota Komisi V DPR RI Fraksi PKB H.Ruslan M.Daud (HRD) menyampaikan aspirasi Bupati Aceh Timur kepada Menteri Perhubungan Republik Indonesia Ir.Budi Karya Sumadi untuk membangun Pelabuhan Umum Idi.  Kalaupun hal ini sudah pernah disampaikan berulang kali kepada Bapak Menteri, namun tadi pagi menjelang siang juga disampaikan secara khusus setelah Rapat Kerja di ruang rapat Komisi V. (28/1/2020).

“Alhamdulillah setelah saya sampaikan permintaan tersebut, bapak Budi Karya Sumadi menyatakan siap membangun pelabuhan Umum Idi di tahun anggaran 2021”. Kata HRD sesaat setelah Rapat Kerja Evalusia Penanganan Sarana dan Prasarana Transportasi Tahun Baru 2020.
Bupati Bireuen 2012 – 2017 menyatakan bahwa Ia sangat serius menyahuti permintaan Bupati Aceh Timur Hasballah M. Thaib yang disampaikan saat ia melakukan kunjungan kerja pada masa Reses masa persidangan I tahun 2019 – 2020.

HRD menjelaskan, dahulunya pelabuhan Idi merupakan pelabuhan umum yang dipergunakan sebagai pelabuhan ekspor–impor hasil perkebunan (lada, pala, kopra dll) ke negara tetangga. Pelabuhan Idi dahulunya juga pernah digunakan sebagai pelabuhan bagi jemaah haji yang berangkat ke tanah suci Mekkah, lanjut HRD.

Berdasarkan fakta sejarah, pelabuhan Idi merupakan pelabuhan besar yang memiliki jaringan kabel telepon ke Pulau Pinang, Malaysia pada masa itu. Aspek historis ini juga merupakan salah satu faktor yang mendorong saya untuk terus berikhtiar, sehingga sejak menerima permitaan Bupati tersebut, saya terus berikhtiar untuk mendorong percepatan pembangunan Pelabuhan Umum Idi, sebut HRD.

Pembangunan pelabuhan umum Idi juga akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi wilayah tersebut. Lalu-lintas barang dan orang akan meningkat, perputaran uang akan terjadi, sehingga terbuka lapangan kerja bagi nelayan, penduduk setempat dan warga sekitarnya, Insya Allah angka pengangguran berkurang, terang HRD.

Politisi PKB juga menegaskan bahwa Menteri Perhubungan menyatakan komitmen tersebut dengan sungguh-sungguh dan memastikan akan dibangun pada tahun anggaran 2021 mendatang, tutup HRD.(Dd)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)