Kalteng Tampilkan Produk Khas Daerah Pada Pameran di Jakarta - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

17 Januari 2020

Kalteng Tampilkan Produk Khas Daerah Pada Pameran di Jakarta

PALANGKA RAYA, SUARAKPK - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah ikuti Pameran Inovasi Kolaborasi Riset, Teknologi dan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul, bertempat di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Pameran digelar mulai tanggal 10 -12 Januari 2020 dan berlangsung mulai Pukul 09.00-21.00 WIB. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 350 peserta dengan 292 Stand, yang terbagi dalam 11 kategori, diantaranya : Rempah Nusantara, Perkebunan dan Kehutanan, Perdagangan, Ekonomi Kreatif, Laboratorium Ekonomi Gotong Royong, Kelautan dan Perikanan, Inovasi dan Teknologi, Pertanian, Perbankan dan Asuransi, Makanan dan ke-Indonesiaan, serta alat dan mesin Pertanian.

Gubernur Kalimantan Tengah H. Sugianto Sabran berkesempatan menyambangi stand pameran Kalteng sekaligus meninjau dan mengecek kesiapan personil yang bertugas, dan untuk memastikan para pengunjung dilayani dengan sebaik mungkin serta mendapatkan informasi dari berbagai macam produk yang dipamerkan pada stand Kalteng.

Orang nomor satu di Tanah Berkah ini juga memastikan kualitas barang serta kemasan dari produk yg akan dipamerkan , hal ini dilakukan agar pengunjung bukan hanya tertarik untuk melihat tapi untuk membeli produk berkualitas yang di pamerkan.

Kalteng sendiri berpartisipasi dengan mengikutsertakan UMKM dalam rangka promosi Herbal Bajakah (Cluster Herbal & Rempah), Beras Organik merah dan putih (Cluster Pangan) dan makanan khas Kalteng (Cluster ke Indonesiaan). Tidak lupa penampilan penari Hyang Dadas juga ikut meramaikan gelaran pameran.

Salah satu pengunjung Anto, dari Kota Bekasi mengaku sangat senang sekaligus tertarik saat mengunjungi stand herbal bajakah. Ayah dua orang anak ini membeli beberapa produk dari tanaman akar bajakah.

“Awalnya saya membaca dari berita online tentang akar bajakah ini, kemudian karena udah viral, jadi pemberitaan sudah masuk TV dan rame sekali, saya jadi penasaran. Nah pas banget di pameran ini ada, jadi saya beli beberapa produknya". Ujar Anto.

Sayid Zainudin selaku Koordinator Stand Kalteng pada Pameran Inovasi Rempah Indonesia mengungkapkan peserta pameran ditawarkan ke UMKM dan Instansi pembina UMKM seluruh Indonesia. Tujuan utama mengikuti pameran adalah untuk memprmosikan sumber daya alam (SDA) kita berupa rempah dan makanan di mix dengan produk kerajinan khas Kalteng. Target yang diharapkan setelah adanya pameran tersebut, terjadi kontak dagang dengan pembeli maupun pengusaha untuk terjadi Misi dagang yang berkesinambungan.

Khusus stand herbal bajakah dipilih untuk dipromosikan pada Pameran Inovasi Rempah Indonesia karena sebelumnya herbal bajakah sudah viral dan terbukti dapat menyembuhkan penyankit kanker. Selain bajakah kita juga menampilkan produk pasak bumi, teh bawang dayak, syrop karamunting, asam kandis, gula kelapa organik, madu, rempah timung dan produk khas Kalteng lainnya, pungkas Sayid.

Terakhir Koordinator stand Kalteng mengatakan antusias pengunjung sangat bagus, bahkan ada beberapa dari pengusaha apotik di Jakarta yang akan menjalin kerjasama dengan UKM herbal bajakah ini. (Nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)