Awal Tahun, Lima Orang Positif DBD di Gumas - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Iklan BUMN



Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

17 Januari 2020

Awal Tahun, Lima Orang Positif DBD di Gumas

GUNUNG MAS, SUARAKPK – Selama tahun 2020, Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunung Mas (Gumas) tangani lima kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) melalui rumah sakit dan puskesmas. Sehingga masyarakat diimbau selalu waspada pada penyebaran penyakit ini, yaitu dengan gerakan 3M Plus (Menutup, Menguras dan Mengubur) pada objek nyamuk berkembang biak.

“Sekarang ini kita tingkat pengawasan dan memberikan imbauan kepada masyarakat agar menggalakan 3M Plus (Menutup, Menguras dan Mengubur)". Ujar Kabid P2P Dinkes Gumas Nia Ernawati didampingi Sekretaris Dinkes Evelnie SKM.

Ditambahkan, Sekretaris Dinkes Gumas Evelnie SKM, bahwa untuk pencegahan itu balik kepada masyarakat sendiri dengan kebiasaan yang berdampak pada berkembang biaknya bibit nyamuk DBD. Apabila sudah terserang yang harus dilakukan dengan melakukan minum air putih dan konsumsi obat penurun panas.

“Pencegahannya kalau tidur harus memakai kelambu atau menyemprot pembasmi nyamuk dan yang lainnya, juga apabila positif terserang harus melakukan tindakan awal yaitu minum air putih supaya menjaga cairan dalam tubuh dan segara minum obat penurun panas, kemudian bawa ke rumah sakit jika tidak ada perubahan". Tuturnya.

Dia menambahkan, untuk ciri-ciri dari DBD tersebut biasanya penderita demam tinggi selama tiga hari berturut-turut, sebab dihari keempat akan turun. Akan tetapi, harus hati-hati karena masuk masa kritis. Untuk itu dia mengimbau supaya dibawa RS atau puskesmas terdekat supaya bisa ditangani oleh tenaga kesehatan. 

“Biasanya hari pertama dan ketinganya akan demam tinggi naik terus dan masuk dihari ke empat itu bahaya biasanya shok pendarahan di gusi, didalam juga ada pendarahan,  dan dihari ketujuh juga akan naik lagi justru saat demam turun akan masuk masa kritis kalau lambat penanganan si penderita bisa meninggal dunia maka harus ditangani secepatnya kalau ada yang kena DBD". Cetus Evelnie. (Nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)