Tiap Tahun Dinkes Temukan HIV AIDS - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Kawal Rp.72 Triliun Dana Desa TH.2020

KODE ETIK WARTAWAN SUARAKPK

HUT SUARAKPK KE 9 (APRIL 2018)

19 Desember 2019

Tiap Tahun Dinkes Temukan HIV AIDS

GUNUNG MAS, SUARAKPK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gunung Mas (Gumas)  melalui Dinas Kesehatan terus melakukan pendataan selama tiga tahun terakhir, terkait penyakit penderita HIV/AIDS di daerah setempat. Tahun 2019 yakni mencapai 35 orang positif mengidap penyakit mematikan itu.

“Tentunya angka yang pantastis, kasus ini selalu kami temukan ditiap tahun. Sejak tahun 2017 lalu, ada 19 orang penderita HIV/AIDS. Kemudian tahun 2018 ada 9 orang, tahun 2019 ini ada 7 orang. Jika kita totalkan ada 35 orang di wilayah Gumas ini yang menderita HIV/AIDS,” ucap Kepala Dinkes Kabupaten Gumas Maria Efianti melalui Plt Sekretaris Evelnie, Selasa (17/12/2019).

Lanjut Evelnie mengatakan, dengan semakin bertambahnya penderita HIV/AIDS ini. Lantas hal tersebut, akan menjadi sebuah ancaman dan harus menjadi perhatian serius dari semua pihak. Karena itu sebagai tindak pecegahan, dilakukan dengan menggalakkan upaya pencegahan termasuk penanggulangan.

“Mereka dapat mengetahui dan memahami cara penularannya dan kami dari dinas melaksnaakan pencegahan dengan cara melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang bahayanya penyakit HIV/AIDS ini,” bebernya.

Selain itu, Plt Kabid P2P Dinkes Gumas Nia Ernawaty menyebut, pihaknya bersama rumah sakit, dan puskesmas akan secara rutin,  yang programnya melakukan pemeriksaan dan pengawasan medis kepada masyarakat. Sehingga dilakukan tidakan dan mengurangi resiko penyebaran virus, terutama pada penanggulangan bahaya HIV/AIDS bagi masyarakat.

“Penyakit ini tidak kenal siapa saja dan bagi yang terindikasi mengidap penyakit HIV/AIDS, kita akan langsung tangani baik secara advokasi untuk pengobatan, dengan standar pelayanan kesehatan maksimal. Namun yang terpenting itu adalah upaya pencegahan,” sebutnya.

Salah satu bentuk upaya pencegahan, dia menambahkan, pihaknya selalu memberikan arahan kepada masyarakat yang bekerja ditempat beresiko, agar selalu berperilaku baik dan sehat dalam berhubungan seks. Salah satu yang disarankan adalah penggunaan kondom. 

“Guna untuk menghindari virus penyakit itu, maka selalu gunakan kondom dalam berhubungan yang secara baik dan sehat secara jasmani dan rohani,” pungkasnya. (Nto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komedi