Dugaan Pengalihan Anggaran Dana Desa di Keluhkan Warga Desa Munthuk Dlingo - SUARAKPK

BERITA HARI INI

Home Top Ad


Penghargaan dari Kedubes Maroko


 

19 Desember 2019

Dugaan Pengalihan Anggaran Dana Desa di Keluhkan Warga Desa Munthuk Dlingo

Keterangan foto : Salah satu jalan di Dusun Gunungcilik yang belum tersentuh pengerasan jalan

BANTUL, suarakpk.com - Dugaan pengalihan anggaran DD (dana desa) Tahun 2019 terjadi di Desa Muntuk Kecamatan Dlingo Bantul. Tepatnya di Dusun Gunungcilik Rt. 01/02 tersebut, dalam Musdus (musyawarah dusun) Tahun 2018 jalan yang belum di corblok akan di anggarkan pekerjaan di Tahun 2019.

Menurut keterangan salah satu warga Dusun Gunungcilik, BSK yang kebetulan ikut dalam Musdus tersebut mengatakan adanya kesepakan warga untuk pengerasan jalan di Rt. 01/02. Namun dalam pelaksanaanya di Tahun 2019 di duga di alihkan untuk pembangunan jalan akses wisata Becici.

"Tahun 2018 di Dusun Gunungcilik di adakan rapat Musdus yang membahas pembangunan di Dusun Gunungcilik Desa Muntuk. Yang disepakati bahwa Dusun Gunungcilik mendapatkan pengerasan jalan berupa Corblok sepanjang kurang lebih 300 meter. Tapi dalam kenyataan tidak ada realisasi. Bahkan denger kabar kalau dana di alihkan untuk bangun jalan menuju Wisata Becici," jelas BSK salah satu warga Dusun Gunungcilik tersebut, Rabu (18/12/2019).

Kades Desa Muntuk Kelik Subagyo SE, saat di hubungi lewat telepon menepis dugaan pengalihan anggaran dana desa tersebut. Kades mengungkapkan kalau tidak ada pengalihan anggaran, yang ada Dusun Gunungcilik sudah terkafer dana P2MD bantuan khusus (dana kabupaten).

"Anggaran itu sekupnya satu pedukuhan, yang penting masih sekup Dusun Gunungcilik, dan itu bukan alih program. Pengerasan jalan tetap dalam satu pedukuhan Gunungcilik yaitu jalur Nglarong," tukas Kades Muntuk, (19/12).

Di singgung dugaan dana di alihkan ke jalur Wisata Becici Kades kembali menepis bahwa itu bukan di alihkan ke jalur wisata tapi jalur jalan usaha tani (JUT) Nglarong.

"Yang di buat untuk membangun akses jalan itu bukan masuk wisata Becici, tapi di bawah Becici untuk jalur jalan tani. Itu juga menggunakan dana desa tapi bukan pengalihan anggaran," jelas Kades Nglarong.

Lebih lanjut Kades Muntuk menjelaskan bahwasanya di APBDes tidak tertera lokasi RT tetapi dengan sekup yang lebih luas yaitu dusun.
(tim/red)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT SUARAKPK Ke 9 (2018)